Meski belum tumbuh gigi, acara membersihkan gusi, lidah, dan rongga mulut bayi, tetap harus dilakukan sejak dini. Terutama setelah minum susu. Mengapa? Karena ternyata hal ini turut membantu menanamkan kebiasaan bagi bayi agar rajin membersihkan giginya hingga kelak, sekaligus untuk mencegah munculnya penyakit gigi dan mulut.

Tahukah Anda, ketika susu dibiarkan lama berada di dalam mulut, maka akan memicu timbulnya kuman, yang disebabkan dari sisa susu tersebut. Sisa susu yang masih tertinggal di dalam mulut bayi tak lama kemudian berubah menjadi asam, yang ujung-ujungnya berubah lagi menjadi jamur (bercak-bercak putih). Jamur tersebut biasanya muncul di bagian bibir, lidah, dan langit-langit mulut.

Kalau mulut bayi bersih, tentunya bayi akan merasa lebih nyaman dan sehat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah, agar bayi terhindar dari segala macam jenis penyakit gigi dan mulut.
Jangan minum susu sambil tiduran
Usahakan untuk tidak memberi ASI atau susu botol kepada si kecil, sambil tiduran. Karena saat tertidur, aliran air ludah berkurang. Padahal, di dalam air liur mengandung zat antibakteri dan zat yang dapat mengurangi tingkat keasaman pada mulut. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pengikisan gigi secara berkala. Jadi, berikan susu sambil duduk, dan jangan biarkan menghisap susu sampai tertidur.

Perbanyak minum air putih
Setelah bayi selesai minum susu, berikan ia air mineral yang ditempatkan di botol susu mereka. Air putih dimanfaatkan sebagai proses pembersihan sisa-sisa susu yang tertinggal di dalam mulut. Namun, para ilmuwan dari John Hopkins Children’s Center di Baltimore, Amerika Serikat, mengingatkan kepada para orangtua untuk tidak memberikan air putih pada bayi berusia di bawah enam bulan.

Rutin membersihkan gigi dan mulut bayi
Setelah bayi minum susu, jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dan mulutnya dengan kain kasa, waslap, atau kapas lembut. Caranya, basahi kain tersebut dengan air matang hangat, lalu balut pada jari telunjuk Anda. Letakkan bayi di pembaringan agar Anda lebih mudah membersihkan mulutnya. Mulailah membersihkan mulut dari bagian luar, yaitu bibir dan sekitarnya. Jangan lupa bersihkan lidah bayi. Lakukan mulai dari pangkal lidah, lalu perlahan-lahan ke bagian depan.

Semoga bermanfaat!