1. Menghindari anak tangga

Anak tangga tentunya dapat membuat Ibu hamil cepat lelah. Selain itu, ibu hamil yang bekerja sebaiknya menghindari anak tangga karena bisa menimbulkan tekanan pada plasenta. Jika dokter telah menyarankan untuk menghindari tangga, pastikan Anda mengikutinya. Gunakan lah lift atau escalator jika ada. Jika memang Anda harus naik tangga, hindari membawa barang-barang yang berat. Tahan pegangan dan memanjatlah secara perlahan. Kenakan sepatu tanpa hak untuk menghindari terpeleset saat berjalan menaikinya.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengidam makanan tertentu merupakan hal yang umum bagi wanita hamil. Namun, bagi ibu hamil yang bekerja disarankan perlu membawa beberapa makanan ringan yang sehat selama di kantor. Perhatikan juga interval waktu mengkonsumsi makanannya. Sebaiknya jangan berlebihan karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam perut Anda.

3. Katakan tidak pada kafein ataupun rokok

Menurut banyak penelitian, konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran terutama pada trimester pertama. Kafein merupakan zat adiktif yang memiliki stimulan yang dapat berbahaya bagi bayi yang sedang tumbuh.

Demikian pula dengan rokok. Pasalnya, rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ketika Anda merokok, janin Anda akan mengalami kekurangan oksigen dan berimbas pada pertumbuhannya. Selain itu, merokok juga dikaitkan dengan kelahiran prematur, keguguran, dan cacat lahir.

4. Perhatikan cara duduk Anda

Saat dikantor, Anda juga perlu memperhatikan cara duduk bagi wanita hamil. Duduklah dengan tegak di kursi. Anda bisa meletakkan bantal sebagai sandaran untuk meredakan punggung yang pegal. Jika Anda merasa tidak nyaman dan mual, ambillah napas dalam-dalam dan makanlah sesuatu.

5. Istirahat

Bagi wanita hamil yang bekerja harus memperhatikan waktu istirahat mereka. Anda bisa melakukan dengan berjalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar dan banyak minum air putih. Istirahat juga bisa bermanfaat untuk mengontrol perasaan yang bisa membuat Anda tidak puas dengan urusan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.