Penanganan kejang demam:

kejang demam adalah kejang yang terjadi pada saat seorang bayi/ anak mengalami demam tanpa infeksi sistem saraf pusat dan tubuhnya mengalami kenaikan suhu yg tinggi. Hal ini dapat terjadi pada 2-5 % populasi anak. Umumnya kejang demam ini terjadi pada usia 6 bulan – 5 tahun tp ada jg dr yg bilang pada usia 6 bln - 4 thn.

Tidak ada nilai ambang suhu untuk dapat terjadinya kejang demam, krn pada setiap anak berbeda-beda,( revo pernah kejang di suhu 38,7 trus pernah jg di suhu 39, tp pernah jg uda smpe suhu 40 ga kejang, so kalo revo suhunya sudah 37,5 bunda langsung kasih penurun panas).

Selama anak mengalami kejang demam, ia dapat kehilangan kesadaran disertai gerakan lengan dan kaki, atau justru disertai dengan kekakuan tubuhnya. So Bila anak kejang:

# jangan batasi gerakan tubuhnya/ memegangi anak utk melawan kejangnya, longgarkan pakaiannya agar oksigen mudah masuk,(krn bila kejang berarti pasokan oksigen di otak berkurang) baringkan di tempat yang datar dengan posisi menyamping, bukan terlentang, untuk menghindari bahaya tersedak.

# Jangan meletakkan benda apapun dalam mulut si anak seperti sendok atau penggaris, karena justru benda tersebut dapat menyumbat jalan napas.

# Sebagian besar kejang berlangsung singkat, tapi jika kejang terus berlanjut selama 5/10 menit, anak harus segera dibawa ke RS. tapi ada jg yang menyatakan bahwa penanganan lebih baik dilakukan secepat mungkin tanpa menyatakan batasan menit.

# Setelah kejang berakhir anak perlu dibawa menemui dokter untuk meneliti sumber demam, terutama jika ada kekakuan leher, muntah-muntah yang berat, atau anak terus tampak lemas. apalagi bila baru pertama kali kejang.

# bila sudah pernah kejang sebelumnya, sebaiknya selalu sediakan stesolit ( diazepam 0.5 mg/ kg BB) tp ini cuma utk anak usia 1 th ke atas yg berat badannya 12 kg lebih (atau sesuai petunjuk dr). begitu kejang atau baru kaget2, langsung masukin lewat "maaf" anus. kalo bunda selain stesolit,jg sedia puyer anti kejang dr dokternya Revo, jd begitu revo panas tinggi langsung bunda kasih puyer tsb utk mencegah kejang.

# jadi bila anak sudah pernah kejang, jangan sampe anak itu mengalami panas tinggi, usahakan cepat turunkan panasnya agar tdk "kecolongan", krn panas yg sangat tinggi akan mengakibatkan kejang.