Inilah beberapa tip memposisikan bayi dengan benar seperti yang direkomendasikan oleh IDAI:

1. Pertama posisikan ibu senyaman mungkin. Sandarkan punggung memakai bantal. Sediakan bangku kecil untuk menyangga kaki, agar kaki tidak tergantung selama menyusui. Kemudian letakan barang-barang yang dibutuhkan ibu sedekat mungkin seperti air minum, agar mudah diraih.
2. Letakan kepala bayi pada di lengan bagian atas dan tepat di sisi payudara.
3. Sedikit miringkan bayi menghadap ke payudara, sehingga perut anda menempel pada perut bayi, dan dada anda menempel pada dadanya.
4. Tubuh bayi berbaring dalam satu garis lurus. Telinga, bahu, dan panggul harus berada pada sat garis lurus.
Hidung bayi menghadap ke putting.
5. Sangga seluruh tubuh bayi dengan baik. Bila bayi masih kecil, menyangga bisa dilakukan dengan satu lengan. Untuk bayi yang lebih besar biasanya disangga dengan 2 lengan atau Anda bisa menyangganya dengan bantuan bantal yang diletakkan di pangkuan.
6. Pegang payudara dengan tangan yang lain. Ibu jari berada di bagian atas payudara, kurang lebih satu jari di atas areola atas, sedangkan 4 jari yang lainnya menyangga payudara di bagian bawah, sehingga payudara terangkat dan puting mengarah ke atas.
7. Rangsang bayi agar membuka mulutnya dengan menyentuhkan puting pada bibirnya.
8. Tunggu bayi membuka mulutnya selebar mungkin. Saat itu masukkan payudara sebanyak mungkin ke dalam mulut bayi, sehingga makin banyak saluran ASI yang masuk ke dalam mulut bayi dan ujung puting berada pada langit-langit lunak bayi.
Usahakan isapan bayi dapat dirasakan oleh ibu.

Salam kenal bun :)