- Ajaklah si kecil berbicara setiap hari. Tunjukkan suatu objek tertentu dengan bentuk dan warna yang menarik perhatiannya dan sebutkan nama objek tersebut.

- Rajinlah membacakan si kecil buku, bisa pada saat santai maupun ketika si kecil akan tidur. Jangan lupa tunjukkan gambar-gambar yang ada di buku. Selain dari objek yang didengar, si kecil juga memerlukan objek yang bisa dilihatnya untuk mengenal lebih dalam.

- Penuhi keinginan dari si kecil. Misalnya, bila ia berteriak saat ia tidak mampu meraih mainannya, Anda bisa membantunya untuk mendekatkan mainan itu ke sisinya. Dengan begitu, si kecil tidak hanya belajar mengenai bahasa secara verbal, melainkan juga bahasa secara emosional.

- Memberikan banyak waktu untuk memeluk dan mencium si kecil, akan membantunya memahami arti penting mengasihi orang lain. Upaya ini juga untuk membangkitkan motivasi dan kepercayaan dirinya.

- Mengajarkan pengalaman baru bagi si kecil. Misalnya mengajaknya pergi ke tempat-tempat yang baru baginya, seperti tempat perbelanjaan, kebun binatang, dan lain-lain.

- Memberikan mainan-mainan tertentu untuknya, terutama mainan yang menarik sehingga merangsang kerja otaknya untuk mengenali dan mengingatnya.

- Berikan stimulasi dari dalam, yakni asupan makanan sehat yang mengandung zat-zat seperti Omega 3, Omega 6, Kolin, dan DHA.