Dengan Menghitung Masa Subur Wanita, tentu anda akan lebih mudah untuk mempunyai anak. Hal ini dikarenakan Karena, ketika terjadi persenggamahan yang tepat pada masa subur, apalagi pada masa ovulasi yaitu waktu puncak Kesuburan Wanita, Prosentase untuk terjadi kehamilan akan lebih mudah. Maka dari itu, bagi anda seorang Suami atau Istri yang ingin cepat mempunyai ank, harus mengetahui Kapan Masa Subur Istri dengan tepat. Dan bagi anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Mudah, maka penjelasan dibawah ini harus anda perhatikan dan pahami.

Secara garis besar Masa Subur Wanita dibedakan antara masa Puncak Masa Subur dan masa subur biasa. Masa Puncak Subur Wanita adalah 13 hari sesudah hari terakhir Haid (Hari Terakhir Menstruasi + 13 hari). Sedangkan masa Subur Biasa pada wanita adalah; Masa Puncak Subur -3 hari sampai dengan Masa Puncak Subur + 3 hari. Sebagai contoh mudah penjelasan Masa Subur wanita adlaah, apabila hari terakhir Menstruasi adalah tangal 10 maka tanggal Masa Puncak Subur anda pada tanggal 23, dan masa subur awal tanggal 20 dan masa subur akhir tanggal 26.

Sedangkan Bagi anda yang mempunyai siklus Menstruasi yang tidak teratur, maka anda harus mencatat panjang siklus haid minimal selama 6 siklus atau 6 bulan. Dan untuk perhitungannya adalah dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan makan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Dan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Sebagai contoh perhitungan Masa Subur Wanita dengan siklus Menstruasi yang tidak teratur adalah; apabila siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, Sehingga didapatkan masa subur anda antara hari ke 8 sampai hari ke 20.