Memiliki bayi memang menjadi kebahagiaan tersendiri. Seorang anak menjadi sesuatu yang ditunggu oleh setiap pasangan untuk memberi kebahagiaan di tengah-tengah mereka.

Tetapi, untuk mengurusnya memerlukan bantuan terutama bagi ibu yang bekerja. Ibu yang mempunyai pekerjaan di luar rumah terkadang tidak bisa membagi waktu untuk mengurus bayi dan pekerjaan.

Oleh karena itu, jasa baby sitter dibutuhkan oleh setiap ibu yang mempunyai kesibukan luar biasa. Baby sitter menjadi solusi untuk mengasuh anak mereka. Akan tetapi, para ibu harus cermat dan waspada dalam pemilihan jasa pengasuhan anak ini.

Jika tak hati-hati, maka kesehatan dan keselamatan sang anak menjadi taruhannya. Berikut ini akan disampaikan beberapa tips cermat untuk memilih baby sitter, diantaranya :

1. Cari Rekomendasi Dari Teman atau Saudara
Alangkah lebih baik bagi para Ibu apabila ingin mencari baby sitter untuk mencari informasi dari keluarga terdekat dulu, salah satunya adalah rekomendasi tempat yang tepat untuk mendapatkan baby sitter.

Dengan begitu, rekomendasi tersebut lebih dapat dipercaya serta dapat meminimalisir kejadia-kejadian yang tidak diinginkan. Hal itu tentunya lebih baik dibandingkan Anda harus datang ke yayasan yang asing buat Anda.

Anda bisa juga menanyakan kepada sanak keluarga yang bersedia menjaga si kecil selama Anda bekerja. Jika si kecil dijaga oleh orang terdekat hal tersebut akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang.

2. Cari Tahu Latar Belakang Baby Sitter
Sebelum Anda menerima seseorang menjadi baby sitter untuk Anda, carilah informasi mengenai dirinya terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mewawancarai baby sitter yang berasal dari yayasan. Informasi yang ada akan membantu Anda untuk ke depannya.

Anda juga dapat melakukan sedikit tes terhadap baby sitter yakni dengan membiarkan baby sitter dan Anak Anda berdua selama beberapa saat. Ketika saat itu, perhatikan cara calon baby sitter menghadapi anak Anda.

3. Lakukan Masa Training
Agar Anda bisa benar-benar menerima baby sitter tersebut bekerja, Anda bisa melakukan masa percobaan. Hasil dari masa percobaan tersebutlah yang akan menjadi tolak ukur atas pilihan Anda.

Dalam keadaan seperti ini, Anda harus memperhatikan seluruh tindakan yang dilakukan oleh yayasan dan baby sitter dalam menghadapi anak Anda seperti ekspresi wajah dan bagaimana anak Anda meresponnya.

Waktu untuk melakukan masa training yang baik adalah pada saat Anda berada di rumah, sehingga Anda dengan pasti dapat mengawasi dan memberi penilaian.

4. Percayalah Terhadap Insting Anda
Insting yang muncul dalam benak Anda haruslah dipercaya, meskipun Anda banyak mendapat rekomendasi dari keluarga atau teman Anda.

Apabila Anda yakin dengan baby sitter tersebut, maka terima ia untuk bekerja. Namun, apabila Anda ragu dengannya, Anda bisa mencari baby sitter yang lain.

Itulah beberapa tips cermat yang bisa Anda gunakan dalam memilih baby sitter. Tujuan menggunakan baby sitter adalah untuk mengasuh dan merawat anak Anda. Jadi, akan lebih baik untuk memilih seseorang yang masih ada hubungan keluarga dengan Anda.

Apabila, Anda mencari di yayasan, sebaiknya mengumpulkan informasi yang lengkap mengenai baby sitter tersebut. tentunya, dengan melihat kemampuan dari baby sitter tersebut layak atau tidaknya untuk menjaga si kecil.
- See more at: http://perempuan.com/