KapanLagi.com - Bukan hal mudah bagi Anda sebagai ibunya untuk melarang mereka dalam mengonsumsi makanan yang menurut Anda tak baik bagi kesehatannya. Anda tak perlu lagi khawatir untuk menentukan camilan apa yang dianjurkan bagi kesehatan mereka. Makanan di bawah ini dapat dianjurkan sebagai camilan sehat dan pastinya membuat anak Anda tak akan pernah jenuh dengannya.

1. Yoghurt

Andapun pastinya setuju dengan makanan yang satu ini. Selain sehat dan enak, yoghurt dikemas dengan sangat higinies. Dikemas dalam gelas mini portable, yoghurt tersedia dalam berbagai rasa beserta buah-buahan yang terdapat di dalamnya. Yoghurt kaya akan kalsium dan vitamin esensial juga mineral, yogurt juga memiliki bakteri sehat yang memfasilitasi fungsi dari saluran pencernaan.

Yoghurt sendiri mengandung 2 jenis probiotik, yaitu lactobacillus dan bifidobachterium. Jadi, pembuatan yoghurt ini bukannya tanpa alasan, kandungan gizi yang terdapat pada yoghurt merupakan alasan mengapa kita perlu mengonsumsinya. Peranan yoghurt sangat dibutuhkan dalam menyehatkan pencernaan, mengurangi resiko darah tinggi, osteoporosis, dan infeksi pada vagina. Satu lagi, bagi anak Anda yang mengalami obesitas, yoghurt dapat menjadi salah satu menu dietnya karena dipercaya dapat mengenyangkan.

2. Trail mix

Trail mix adalah kombinasi antara buah-buahan kering, biji-bijian, kacang, dan biasanya dicampur dengan cokelat untuk dijadikan sebagai camilan. Buah kering yang biasanya dijadikan bahan utama ialah cranberry, kismis, aprikot, apel, atau manisan kulit jeruk. Sementara kacang-kacangan yang menjadi pelengkapnya yakni almond, kacang tanah, hazelnut, atau kacang mete.

Dengan berbagai macam jenis makanan yang dicampur menjadi satu, membuat trail mix atau gorp kaya akan protein dan karbohidrat yang sehat bagi tubuh.

Trail mix dijual dalam berbagai versi dan bentuk, rasanya yang melimpah ruah tentu akan menjadi keunikan sendiri sebagai camilan yang tepat bagi buah hati Anda.

3. Kismis

Anda pasti sudah cukup mengenal jenis makanan yang satu ini. Benar, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan dapat langsung dimakan. Kismis sudah mulai dikenal masyarakat pada abad 11 masehi, di Eropa. Peranan kismis bagi kesehatan tubuh menjadikan makanan kering ini menjadi favorit berbagai orang di penjuru dunia.

Kismis yang biasa digunakan sebagai bahan masakan ini dipercaya kaya akan serat, zat besi, dan vitamin B kompleks. Sehingga, selain dapat melancarkan pencernaan, kismis juga dapat mengurangi resiko anemia, dan bagi buah hati Anda yang memiliki masalah pada penambahan berat badan, kismis dipercaya bisa menyelesaikannya.

5. Popcorn

Yup, popcorn! dan jangan mengernyitkan dahi mendengarnya.Tak perlu khawatir dengan kandungan garam dan mentega yang tinggi pada popcorn. Popcorn dipenuhi dengan serat dan biji-bijian, sehingga, manfaatnya akan lebih besar bagi kesehatan anak Anda. Popcorn bisa menjadi camilan ringan yang cocok setiap saat sepanjang hari. Jika anak-anak Anda merasa beberapa popcorn terlalu hambar untuk mereka, Anda dapat menambahkan bumbu kering, kayu manis atau sedikit keju di dalamnya. Slrrpppp

6. Buah

Tidak ada alasan bagi Anda untuk menghilangkan buah-buahan dari daftar makanan ringan yang lezat dan sehat untuk anak-anak. Buah adalah pembangkit tenaga bagi tubuh yang mengandung banyak nutrisi dan serat. Berbagai buah seperti apel, jeruk, atau alpukat dapat Anda terapkan sebagai pencuci mulut di kala makan. Dengan gizi yang dikandung, serta kelezatannya, anak Anda tak mungkin menolak untuk memakannya bukan? Jangan lupa untuk mengkreasikan buah seperti salad agar anak lebih tertarik untuk memakannya.