Semua wanita pasti menginginkan kulit wajah yang halus, segar, lembab, dan mulus. Untuk mendapatkannya tentu memerlukan sebuah usaha yang ekstra dan perawatan kulit yang continue. Tak harus selalu pergi ke salon, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami :

* Tomat Dan Putih Telur

Hancurkan sebuah tomat, tambahkan 1 sdm putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit, lalu cuci bersih wajah. Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang halus.

* Stroberi

Stroberi banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidkroksi yang membantu mengencangkan kulit), silica, serta vitamin B, C, E, dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, masker stroberi baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Caranya hancurkan beberapa buah stroberi lalu usapkan 2 sdm lumatan stroberi pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat biasa.

* Masker Mengkudu

Kupas sebuah mengkudu, lalu hancurkan. Campur dengan 1 – 2 sdm madu dan 1 sdm putih telur, aduk rata kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan kulit terasa kencang. Bersihkan dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk mereka yang berkulit cenderung kering.

* Bengkuang

Kupas sebuah bengkuang (yang kecil saja) lalu parut. Oleskan kewajah lalu diamkan 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Lakukan satu kali dalam seminggu, baik untuk mereka yang sering melakukan aktifitas diluar ruangan.

Cocok untuk semua jenis kulit. Bengkuang punya keistimewaan lain, yaitu bengkuang dapat mengencangkan dan melembabkan kulit, dan juga sanggup membersihkan kulit wajah.

* Avokad

Avokad kaya akan asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah terutama kulit kering.

Caranya, tumbuk daging avokad matang dengan garpu, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas.

Untuk kulit normal, tambahkan putih telur yang dikocok sebentar. Sedangkan buat kulit lembab perlu ditambahkan madu, kemudian aduk rata dengan hancuran daging avokad dan putih telur kocok.

* Anggur

Anggur kaya akan trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yang warnanya berbeda, dapat digunakan untuk masker/lotion.

Caranya, hancurkan beberapa butir yang cukup untuk menghasilkan 2 sdm jus. Saring dan oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah 20 menit, baru dibilas dengan air mawar. Masker anggur dapat digunakan setiap hari karena baik untuk hampir semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, lembab, ataupun kulit yang rusak.

* Lemon

Mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Sangat baik untuk kulit berminyak, namun lotion-nya juga bekerja efektif pada kulit normal. Dapat digunakan setiap hari.

Caranya (untuk satu minggu pemakaian) adalah dengan menambahkan 1 sdt jus lemon pada putih telur kocok. Oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.

* Kentang

Jenis umbi satu ini mengandung potasium, zat besi, karbohidrat, vitamin B, serta vitamin A dan C yang dibutuhkan kulit untuk sebagai antioksidan penangkal radikal bebas untuk memperlambat penuaan dini. Sebagai masker wajah buatan sendiri, kentang diutamakan buat mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Caranya, cuci bersih kentang kemudian parut sampai halus. Lalu tempelkan parutannya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Lalu bersihkan dengan air dingin.

* Jeruk Nipis

Cuci bersih sebuah jeruk nipis lalu iris, ambil airnya. Gosokan kulit bagian dalam ke wajah yang sudah bersih. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Baik digunakan untuk mengotrol minyak berlebih pada wajah.

* Masker Wortel

Kupas bersih sebuah wortel. Cuci lalu parut (blender lebih baik), kemudian oleskan pada wajah. Diamkan hingga wortel mengering. Bilas dengan air hingga bersih. Masker ini dapat membantu menghaluskan kulit.

* Pisang

Buah ini mengandung serotinim, pektin, tanin, noradrenalin, 5 hidroksi tritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C.

Caranya, pilih pisang yang sudah matang lalu hancurkan. Tambahkan sedikit madu (sekitar 1 sdm), lalu aduk rata. Selanjutnya oleskan masker tersebut pada wajah sekitar 15-20 menit. Terakhir, bilas wajahmu dengan air hangat, diikuti dengan air dingin setelahnya. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.
oleh Natur-E Journey to Beauty