Ada banyak makanan yang mengandung asam folat yang bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar dalam kehidupan manusia. Kemudahan mendapatkan makanan yang mengandung asam folat ini sangat membantu para calon ibu untuk bisa menjaga dan menghindarkan kemungkinan terburuk bagi janin yang sedang ia kandung. Makanan yang mengandung asam folat ada banyak sekali sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya, apalagi bagi seorang ibu hamil. Salah satu contoh makanan yang mengandung asam folat adalah alpukat. Sebagaimana yang kita tahu, alpukat adalah salah satu buah dengan tingkat lemak yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Namun makanan yang mengandung asam folat, baik itu buah atau sayuran, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Makanan yang mengandung asam folat ini biasanya mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat baik untuk mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh dan merusak sel. Selain itu, asam folat yang dikandung oleh alpukat sangat bagus untuk mempertahankan rantai dari DNA untuk bisa tetap utuh.

Selain alpukat, ada juga papaya. Pepaya bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia karena termasuk pada makanan tropis. Mengkonsumsi papaya sangat dianjurkan pada ibu hamil karena bisa menghindarkan sembelit atau susah buang air besar. Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jeruk. Jeruk mengandung banyak vitamin C yang baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Selain kandungan asam folatnya yang tinggi, jeruk juga baik karena mengandung serat yang cukup tinggi. Stroberi adalah buah yang juga termasuk kedalam makanan yang mengandung asam folat. Stroberi dapat ditemukan dengan mudah di olah. Salah satunya adalah dengan di jus atau dibuat pai.

Makanan yang mengandung asam folat hendaknya dikonsumsi bersamaan dengan sayuran dan karbohidrat yang seimbang. Ada brokoli, wortel dan bayam yang juga mengandung asam folat dan juga berfungsi sebagai sayuran. Sumber karbohidrat yang baik adalah gandum.

Apapun makanan yang mengandung asam folat yang dikonsumsi, sebaiknya diiringi dengan asupan kadar gizi yang seimbang guna membuat kondisi tubuh menjadi lebih stabil dan terhindari dari pengaruh buruk radikal bebas, apalagi untuk calon ibu yang sedang hamil. Kini, semua orang sudah tahu makanan yang mengandung asam folat itu mudah ditemukan, bukan?