Dok, anak saya usianya sekarang 10,5 bulan. Dia tidak mau makan bubur tim buatan sendiri, jadi saya beri bubur instan kemasan kotak yang tersedia di pasaran dan dia suka yang rasa cokelat.

Yang saya ingin tanyakan, apakah boleh diberikan cokelat bubuk untuk bahan pembuat makanan yang dicampur ke bubur tim buatan saya sendiri? Maksud saya agar dia mau makan bubur tim buatan sendiri. Terimakasih.


Jawaban

Makan merupakan suatu proses perilaku. Tiap tempat dan budaya terdapat perbedaaan dalam cara pemberian makan. Namun pada dasarnya sama yaitu makanan padat dimulai saat berusia 6 bulan.

Pemberian makanan padat sebaiknya dilakukan secara bertahap baik kekentalannya dan jumlahnya. Artinya memberikan makan dimulai dengan pemberian bubur cair kemudian secara bertahap dikentalkan.

Pemberian makan ini tidak boleh langsung dalam jumlah besar pada saat awal (misalnya memberikan makanan pertama kali langsung 10 suap). Selain tidak nyaman pada anak juga dapat merangsang alergi seperti dermatitis dan diare.

Begitu juga dengan rasa, ajarkan anak secara bertahap untuk mengenal perbedaan rasa, seperti rasa coklat tersebut bisa saja diberikan agar anak belajar mengecap rasa yang berbeda. Tetapi juga tidak boleh secara cepat rasa tersebut diubah. Perbedaan antara bubur tim buatan sendiri atau instan tergantung pilihan, yang penting bersih dan tidak terkontaminasi.