*Kerjakan rencana Anda dengan prioritas yang jelas. Lalu, buatlah sebuah daftar tentang potensi masalah dan tantangan dari prioritas kegiatan yang sedang Anda lakukan tersebut, dan atasi semua risikonya sejak dini.

*Lakukan evaluasi terhadap visi dan komitmen Anda. Jika Anda merasa visi dan komitmen Anda terlalu berat, maka segeralah sesuaikan dengan realitas Anda di hari ini. Visi dan komitmen hanyalah sebuah cara untuk melihat hidup. Jadi, bila visi dan komitmen Anda itu menghadirkan stres secara berlebihan, sebaiknya segeralah batalkan visi dan komitmen Anda tersebut, lalu buatlah yang baru yang lebih sesuai dengan kondisi Anda di hari ini.

*Lahir kembali bersama visi dan komitmen baru. Pastikan Anda terlahir kembali tanpa membawa beban masalah masa lalu. Jadilah pribadi yang lebih bergairah dangan semangat hidup yang lebih antusias dan optimistis.

*Kendalikan kekuatan keuangan Anda. Berapapun sisa kekuatan keuangan yang Anda miliki saat ini, terimalah dengan rasa syukur. Pastikan Anda menghilangkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Setelah itu mulailah merasa santai dan merasa ringan untuk mengerjakan semua pekerjaan Anda dengan tanggung jawab total.

*Hidup ini tidak perlu Anda lakoni sendirian. Bentuklah komunitas yang bisa mendukung usaha Anda. Meminta seseorang untuk membantu Anda adalah hal yang wajar. Ketika Anda merasa kewalahan, Anda sebaiknya meminta orang lain mendukung Anda untuk meringankan beban Anda.

*Jangan meremehkan hal-hal kecil. Sebuah masalah besar muncul dari akumulasi inci demi inci masalah kecil. Jadi, jangan pernah membiarkan setitikpun masalah terkecil tumbuh, Anda harus segera memusnahkan benih masalah sejak dini.

*Latihlah fisik, otak, dan batin Anda setiap hari. Ketika tubuh Anda sehat; ketika pikiran Anda selalu positif; ketika batin Anda terisi dengan emosi baik, Anda sesungguhnya telah meningkatkan metabolisme diri Anda untuk menikmati apa pun tantangan dan masalah yang Anda hadapi. Jadi, pastikan Anda merasa lebih energik di sepanjang hari untuk menghadapi kerasnya kehidupan ini.

*Jangan biarkan diri Anda dikendalikan oleh orang lain. Jadilah diri sendiri yang sesuai dengan suara hati Anda. Bebaskan mind set Anda dari ketergantungan kepada orang lain. Kembangkan potensi diri Anda untuk menjadi lebih produktif, kreatif, strategis, serta lebih berenergi dalam konsentrasi kerja yang unggul.

*Manjakan diri Anda dengan kesenangan-kesenangan yang bersifat positif. Kembangkan potensi diri Anda dengan banyak membaca dan banyak mendengarkan hal-hal yang baik. Pastikan Anda sebagai pribadi pembelajar seumur hidup, dan juga sebagai pejuang kehidupan yang selalu bersemangat tinggi.(AF)