1. Obat Estrogen

Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu meningkatkan estrogen. Obat dapat diberikan melalui suntikan maupun oral.

Obat tersebut dapat merangsang produksi estrogen dan mengganti estrogen yang tidak lagi diproduksi secara alami oleh tubuh.

2. Meningkatkan Berat Badan

Kekurangan gizi akan menghentikan produksi estrogen dalam tubuh.



Berat badan yang rendah (persentase lemak yang rendah) akan menurunkan produksi hormon yang amat penting ini.

Berkonsultasilah dengan dokter mengenai berat badan serta kebiasaan makan Anda, untuk menentukan apakah berat badan menjadi faktor berkurangnya produksi estrogen.

3. Makan Banyak Kedelai

Menurut beberapa penelitian, makanan alami seperti kedelai bisa membantu meningkatkan produksi hormon estrogen.

Namun, makanan tidak dapat memperbaiki kekurangan hormon estrogen parah, jadi pastikan untuk mendiskusikan perubahan diet dengan dokter.

4. Menggunakan Obat Kontrasepsi

Selain digunakan sebagai pengendali kehamilan, obat kontrasepsi bisa pula digunakan untuk membantu mengatur produksi dan metabolisme estrogen.

Beberapa obat kontrasepsi mengandung estrogen dan progesteron, sedang obat lainnya hanya mengandung estrogen.

Berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih obat kontrasepsi yang tepat.

5. Suplemen Estrogen

Pertimbangkan untuk menggunakan suplemen estrogen. Ini merupakan pilihan populer bagi orang-orang yang lebih memilih cara alami atau holistik untuk meningkatkan estrogen.

Suplemen estrogen biasanya mengandung herbal dan protein yang membantu proses produksi estrogen dan hormon wanita lainnya, serta relatif lebih terjangkau dibanding perawatan lain.[]