Apakah benar anak laki-laki lebih cerdas dibandingkan anak perempuan? Perbedaan struktur dan kontraksi otak antara anak perempuan dan laki-laki tidak berkaitan dengan tingkat kecerdasan mereka. Memang, dalam hal tertentu masing-masing jenis kelamin punya keunggulan, namun itu lebih pada cara atau gaya berpikir dan beraktivitas.

Bila terjadi Anto lebih pintar ketimbang Anti adalah faktor stimulasi, pembelajaran dan kesempatan bukan struktur dan konstruksi otak mereka. Tidak ada satu jenis kelamin lebih cerdas dibanding dengan jenis kelamin lain. Namun, tidak juga berarti perempuan atau lelaki sama dalam menanggapi sesuatu atau berbuat sesuatu.

Pembentukan cikal bakal otak berawal dari proses peleburan inti sel telur dan inti sel sperma pada saat terjadinya konsepsi hingga minggu ke-26 saat sel-sel otak janin terbentuk sempurna. Selanjutnya sampai bulan ke-9, terjadi perkembangan pesat pada sistem saraf janin. Apa sebenarnya beda otak janin lelaki dan janin perempuan:

* Janin perempuan.

Jika janin berkromos XX, maka tubuhnya akan memborbardir otak dengan hormon perempuan, yakni hormon estrogen dan progesteron. Secara bertahap, janin akan membentuk semua kelengkapan organ tubuh perempuan, hormon estrogen juga menumbuhkan koneksi di pust komunikasi, memproses emosi dan mempengaruhi kemampuan verbal.

* Janin lelaki.

Jika kromosom janin XY, maka tubuh akan memborbardir otak janin dengan hormon-hormon lelaki. Hormone testosteron dan MIS (Mullerian duct Inhibiting Substance) mulai diproduksi pada akhir trimester pertama atau sekitar usia kehamilan 10-12 minggu.

Testosteron berfungsi membentuk alat kelamin lelaki dengan segala perlegkapannya, serta menekan terbentuknya kelenjar susu. Sedangkan MIS bertugas mencegah terbentuknya alat kelamin wanita, termasuk rahim dan saluran telur. Dengan demikian, secara berangsur-angsur janin ini akan mengarah kepada bentuk lelaki dengan segala kekahsannya. Hormone testosteron akan menumbuhkan lebih banyak sel di pusat seks, dan mempengaruhi agresivitas serta kemampuan spasial yang lebih besar.