Memang normal saja kalau pada bayi kedua bola matanya belum kompak. Memang gerakan bola mata pada usia kurang dari 1 tahun kadang tidak sinkron, dan berkesan seperti juling. Ada yang nampak jelas, ada juga yang tidak. Tapi dengan bertambahnya umur, juling itu akan hilang. Karena bola mata bayi perlu latihan supaya bisa kompak, maka kita perlu menciptakan areal penglihatan yang nyaman buat si bayi. Berikut latihan kecil yang dapat Anda lakukan.

Gantung mainan gantung tepat di atas perut, sehingga nyaman buat si bayi untuk melihatnya. Jangan menggantung mainan tepat di atas mata. Kita sendiri pegal kalau harus mendelik terus sambil tiduran. Jangan menarik perhatian bayi dengan barang-barang yang ditaruh terlalu dekat ke matanya. Jarak yang baik adalah 25 - 30 sentimeter. Sejak lahir bayi sudah dapat melihat benda-benda dalam jarak pandang 25 sentimeter.


Jangan menarik perhatian bayi untuk melihat melewati ubun-ubunnya. Sering kali tanpa sadar kita mengelilingi bayi kita. Suara orang yang duduk di dekat kepalanya pasti juga menarik perhatian si kecil, sehingga dia akan berusaha melihat arah suara. Jadi, sebaiknya jangan kita duduk atau menempatkan barang didekat kepalanya.