Untuk itu, dokter anak yang praktik di salah satu RS Premier dijakarta menjelaskan cara-cara menjemur bayi yang baik dan benar.

1. Jemur bayi pada pukul 8-9 pagi
Pada waktu tersebut, sinar matahri yang muncul belum terlalu kuat. Sehingga meminimalisir kemungkinan bayi gerah atau kepanasan.
2. Waktu menjemur 30-60 menit
Menjemur bayi jika dilakukan terlalu sebentar tidak akan berefek, sementara jika terlalu lama bayi akan gerah dan kepanasan.
3. Jemur dalam keadaan telanjang
Jika menggunakan pakaian, yang terpapar sinar matahari hanyalah wajah, telapak tangan dan kaki. Oleh karena itu, sebaiknya bayi dijemur tanpa pakaian agar sinar matahari bisa terpapar ke seluruh tubuh.
4. Mata jangan terpapar matahari
Usahakan agar mata bayi tidak terkena sinar matahari langsung. Jika orangtua cemas, ada baiknya menjemur bayi dilakukan dari dalam rumah di dekat jendela.
5. Ngobrol dan beri pijatan ringan
Bayi memang belum mengerti pembicaraan yang kita lakukan. Namun mengobrol dengan bayi akan membantu bayi lebih tenang dan terbiasa dengan ibu atau ayahnya. Sama halnya dengan pijatan ringan tidak hanya meningkatkan keterikatan antara bayi dan orang tua, namun juga bisa mengurangi stres pada bayi.
6. Berikan tambahan minuman
Menjemur tentunya akan membuat bayi haus dan berkeringat. Usahakan agar selalu memberi tambahan minuman ketika menjemur bayi agar ia tidak dehidrasi.




semoga bermanfaat ya bun :)