Seseorang yang memiliki tingkat kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh tampaknya harus mengambil langkah pencegahan.

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, mulailah dengan cara sederhana.

Cobalah masukkan beberapa makanan berikut ke dalam menu sehari-hari. Makanan kaya serat dan rendah kolesterol merupakan perpaduan tepat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jeruk. Jeruk merupakan buah yang mengandung pektin, sejenis serat larut, dalam jumlah tinggi yang dapat menyerap kolesterol jahat dalam perut. Anda juga dapat mengggunakan kulit jeruk dalam masakan karena kulit jeruk juga mengandung senyawa flavon polymethoxylated (PMFs) yang bertanggung jawab sebagai penurun kolesterol jahat, tanpa mengurangi tingkat kolesterol baik.

Apel. Menurut penelitian di Finlandia, rajin mengonsumsi apel tiga kali sehari membantu menurunkan kolesterol sebanyak 20 poin. Sama seperti jeruk, apel juga kaya akan pektin. Plus, kandungan antioksidan quercetin yang membantu menghambat jumlah kolesterol jahat dalam aliran darah.

Bayam. Sayuran hijau ternyata juga membantu memerangi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Kandungan lutein dalam sayuran menjadi pahlawannya. Penelitian membuktikan bahwa secangkir makanan kaya lutein membantu menjaga terjadi penumpukan plak di arteri, yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Teh. Secangkir teh memang membantu membuat tubuh lebih rileks. Tapi rajin meminum satu cangkir teh hijau atau teh hitam setiap hari turut menurunkan tingkat kolesterol jahat. Peneliti percaya bahwa katekin, antioksidan dalan teh, bertanggung jawab menurunkan kolesterol.

Oat. Jika Anda mencari cara untuk menurunkan kolesterol, kuncinya ada di menu sarapan. Mengubah nasi goreng atau bubur ayam dengan oats membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 5 persen dalam 6 minggu. Hal ini karena gandum utuh memiliki beta-glucan yang membantu menyerap kolesterol.