Penelitian di Denmark menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit cukup efektif untuk mengurangi berat badan dan BMI. Olahraga singkat ini juga diklaim memiliki hasil sama dengan olahraga rutin selama 60 menit.

Penelitian ini mengamati 60 pria Denmark yang mengalami kelebihan berat badan. Selama 13 minggu, peneliti dari Faculty of Health and Medical Sciences, University of Copenhagen mengamati usaha para relawan tersebut untuk mengurangi berat badan.

Separuh jumlah pria diminta melakukan olahraga selama satu jam per hari, sementara separuh lainnya diminta melakukan olahraga selama 30 menit. Detak jantung mereka diawasi melalui monitor, dan kalori mereka dihitung setiap harinya.

Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit sudah cukup untuk menghasilkan keringat dan membakar lemak jahat dalam tubuh, seperti dilansir oleh Health Me Up (25/08).

Biasanya, pria yang berolahraga selama 30 menit setiap hari mengalami penurunan berat badan sebanyak 3,6 kilogram setelah tiga bulan. Sementara mereka yang melakukan olahraga selama satu jam setiap hari hanya kehilangan 2,7 kilogram.

Berdasarkan laporan Mads Rosenkilde, dokter di Department of Biomedical Science, rata-rata para relawan mengalami penurunan berat badan sebanyak empat kilogram.