Leni, 32 tahun. Ibu muda 2 anak, kerap merasa mubajir melihat tempat tidur bayi dan baju-baju bayi sikecil yang tersimpan anteng didalam kardus diatas lemarinya. Selain makan tempat, benda-benda tersebut sudah menjadi bau apek karena debu dan udara. Perlengkapan dan baju-baju bayi tersebut menurut Leni sangat sebentar dipakai anak-anaknya. Paling hanya sebulan dua bulan saja usianya "anak-anak sekarang cepat sekali besar, baju-baju bayinya hanya sebentar bisa dipakai" ujarnya. Nasib serupa juga dialami Dian, 27 tahun, ibu satu anak berusia setahun ini mengaku merasa sayang melihat nasib bouncher anaknya yang kini sudah tidak bisa dipakai lagi karena tubuh anak nya sudah kebesaran untuk bouncher mungil tersebut. Menurut Dian bouncher tersebut hanya efektif dipakai selama 6 bulan saja, selebihnya tersimpan rapih didalam gudang.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kedua ibu tersebut sepakat untuk memilih membeli barang bekas untuk perlengkapan bayi putra-putri mereka berikutnya, dengan catatan harus yang masih dalam kondisi baik tentunya. Mungkin terlintas dalam pikiran anda "masa sih memberikan barang bekas untuk sikecil", jangan salah barang bekas tak selalu dalam kondisi kotor dan kumuh loh, bahkan sebaliknya, tak jarang perlengkapan bayi bekas ada yang kondisinya masih 90% alias baru sekali atau dua kali dipakai, dan barang tersebut bisa dibandrol setengah dari harga barunya. Coba bayangkan berapa rupiah yang bisa anda hemat dari sini.

Toko-toko yang menjual perlengkapan bayi bekas baik toko online maupun toko konvensional pun kini semakin mudah ditemui. Dengan display produknya yang menarik dan rapih, anda kadang tak akan menyangka bahwa barang-barang tersebut adalah barang bekas pakai.

Manfaat Membeli dan menjual Barang Bekas Pakai
Ada beberapa manfaat yang bisa ibu dapatkan dengan membeli barang bekas pakai seperti:

* Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan barang bermerek terkenal berkualitas bagus dengan separuh harga.
* Toko barang bekas biasanya hanya akan menjual barang bekas yang kondisinya masih baik, jadi tak perlu terlalu khawatir akan kualitas barangnya.
* Tersedia beragam mainan populer anak merek terkenal yang dijual setengah harga.
* Manfaat bagi para penjual, selain mereka mendapatkan uang tambahan dari barang yang sudah tak terpakai yang mereka jual tersebut, mereka juga dapat menghemat space penyimpanan dirumah. Selain itu barang tersebut juga tidak akan mubajir, karena sudah pasti akan dipakai oleh pembeli barang tersebut.

Tips Belanja Barang Bekas Pakai

* Rajin lah berkomunikasi dengan pemilik atau staf toko dalam mencari barang yang anda inginkan, sehingga jika barang tersebut tersedia ditoko mereka, anda lah orang pertama yang akan mereka hubungi.
* Ikut milis atau daftar newsletter toko, dengan demikian anda akan mendapatkan info terkini seputar barang-barang yang tersedia di toko tersebut.
* Hapalkan jadwal toko tersebut menyetok barang-barang baru untuk tokonya, sehingga anda mendapat banyak pilihan.
* Pikirkan juga lokasi toko, jika terlalu jauh maka justru akan menghabiskan waktu dan biaya saat mengunjungi toko tersebut, begitu juga jika toko tersebut toko online, maka semakin jauh lokasi anda dengan toko, semakin mahal ongkos kirimnya, kecuali jika toko tersebut memakai sitem bebas ongkos kirim untuk barang yang kita pesan.
* Kenali benda yang TIDAK boleh anda beli di toko barang bekas. Ada tiga benda yang sebaiknya anda hindari untuk dibeli ditoko barang bekas yaitu: car seat, karena anda tidak akan tahu apakah benda tersebut pernah rusak atau tidak dalam sebuah kecelakaan, dan sangat riskan membeli barang tersebut, kecuali jika anda yakin kondisi car seat yang akan anda beli benar-benar aman. Yang kedua adalah crib, alasannya dibutuhkan ektra ketelitian untuk mengecek crib tersebut bagus atau tidak. Hilang satu baut saja pada crib bisa berakibat fatal pada keamanan bayi anda saat berada di atasnya. Barang lainnya yaitu matras bayi bekas pakai, yang ditakutkan bisa menyebabkan SIDS pada bayi.
* Jangan berfokus pada toko barang bekas konvensional saja, toko barang bekas online pun layak diperhitungkan. Hanya anda harus pastikan bahwa toko tersebut benar-benar real, jangan sampai anda tertipu. Salah satu toko online yang sudah terjamin yaitu yang menggunakan sistem seperti Paypal yang biasa ditemukan di ebay dan situs lainnya. Perhatikan juga ongkos kirim yang ditetapkan, jangan sampai ongkos kirimnya jadi terlalu mahal dibanding barangnya. Perhatikan juga testimoni atau bulletin board dari pembeli dan pengunjung toko online tersebut, agar anda lebih yakin toko tersebut memberikan pelayanan memuaskan atau malah sebaliknya.

So, membeli barang bekas untuk sikecil, kenapa tidak!