Balita Enggan Memakai Gelas
Usia 2 tahun, paling pas untuk balita mulai minum dari gelas. Namun, memisahkannya dari botol susu kesayangannya bukan main sulitnya. Padahal lubang karet dot itu setiap hari bertambah lebar bekas digigit. Bahkan, ketika diminta memakai gelas, balita malah jadi menangis.
Mengapa balita sulit melepas dotnya? Karena balita mendapat kenikmatan dan kenyamanan dari benda yang satu ini. Balita bisa sedih dan menangis saat harus mengganti botolnya dengan gelas. Untuk menyapih balita dari botolnya, Anda tidak perlu tunduk mengikuti kemauan anak. Anda harus tega, jika luluh dan kembali memberikan botol agar mau minum susu, maka ia akan terus menolak minum dengan gelas. Tak perlu khawatir balita dehidrasi, rasa haus akan membuatnya minta minum. Mau tidak mau balita pasti minum dengan gelas yang Anda sodorkan.
Berikut langkah membantu balita mau minum dari gelas:
• Ajak anak ketika Anda membelikan gelas untuknya. Minta ia memegang gelas itu sebagai perkenalan awal dengan benda yang akan digunakannya sehari-hari untuk minum.
• Biarkan balita memilih warna, motif, dan desain gelasnya. Tak masalah jika ingin beberapa buah gelas dengan bentuk berbeda, yang penting pastikan pilihan gelasnya tidak mudah pecah.
• § Izinkan balita menggunakan gelasnya sebagai salah satu alat bermain. Misalnya, untuk memberi minum bonekanya.
• Beri batasan, ia boleh memakai botol hanya pada malam hari, misalnya. Pagi dan siang hari ia harus minum menggunakan gelas.
• Letakkan gelas berisi sir dari jangkauan balita. Tanpa perlu memaksa, suatu hari saat dia haus, jangan heran jika dia tiba-tiba minum dari gelasnya.
• Ajak anak berkumpul dengan teman sebaya yang sudah bis aminum dengan gelas. Siapkan acara minum bersama agar ia terdorong minum dari gelas seperti teman-temanya.