Anda tentunya pernah merasakan minuman berkarbonasi atau bersoda. Mungkin bahkan, Anda memang penggemar minuman ringan bersoda. Namun, tahukah Anda bahaya apa yang terdapat dalam minuman bersoda yang Anda konsumsi bila berlebihan? Pada minuman ringan berkarbonasi (bersoda) merupakan sumber kalori terbesar dalam menu makan orang Amerika, yaitu sekitar 7 persen dari total pemasukannya. Bila ditambahkan minuman non-soda maka nilainya meningkat hingga 9 persen. Dan pada saat sarapan di restoran junk food, kemudian memilih cheese burger dengan minuman bersoda, dapat dihitung berapa kalori yang masuk dalam tubuh. Dan tidak heran bila orang Amerika banyak yang mengalami obesitas dan diabetes.

Minuman bersoda memang terdapat masalah dalam kandungannya, dan terkadang minuman bersoda pun dapat menggantikan minuman sehat yang biasa kita konsumsi. Hal tersebut tentunya merupakan hal yang dapat menyebabkan berkurangnya kalsium dalam tubuh yang dibutuhkan setiap harinya dan sudah pasti Anda akan mengalami osteoporosis seiring pertambahan usia.

Berdasarkan fakta yang ditemukan pada minuman bersoda terdapat kelebihan gula yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan, yaitu diabetes mellitus 2, serangan jantung, stroke, dan kanker. Pada setiap orang yang mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin pun ternyata berpotensi meningkatkan resiko munculnya batu ginjal serta penyakit jantung. Tidak hanya itu, terdapat pula kafein yang ditambahkan pada kebanyakan minuman bersoda yang dapat menimbulkan kecanduan. Dan hal ini yang dapat menyebabkan pembuangan kalsium. Ditemukan pula pewarna buatan dalam minuman bersoda yang dapat menyebabkan gatal, asma, dan reaksi alergi lainnya pada beberapa orang yang memang kekebalan tubuhnya kurang.

Hal tersebut tentunya disarankan oleh para ahli kesehatan gigi yang terus menyarankan bagi para konsumsi minuman bersoda untuk mengurangi kebiasaannya tersebut, terutama pada saat makan untuk mencegah kerusakan pada gigi yang disebabkan karena gula dan juga erosi gigi karena kandungan asam. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi minuman bersoda dari menu makan Anda. Dan untuk mengimbanginya, Anda pelu memperbanyak minum air putih sebanyak yang dianjurkan apabila Anda belum dapat menghentikan kebiasaan tersebut.