Anak-anak senang sekali bermain diluar rumah, berlari-larian direrumputan, memanjat pohon dan sebagainya. Tanpa mereka sadari kadang aktifitas bermain mereka bisa mengganggu habitat lebah atau tawon.

Pada dasarnya tawon atau lebah tidak akan menyerang manusia, kecuali jika mereka merasa terancam dengan kehadiran kita. Berbeda dengan lebah jenis tawon, lebah madu menyerang dengan meninggalkan penyengat nya di dalam kulit. Yang paling berbahaya adalah jenis tawon yang sengatannya bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian terutama bagi mereka yang mempunyai alergi terhadap sengatan lebah. Satu sengatan lebah tidak akan berbahaya untuk menyebabkan terjadinya reaksi alergi, namun sengatan berikutnya yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi.

Gejala Alergi

Gejala yang ditimbulkan saat terjadinya reaksi alergi berbeda pada tiap orang. Ada yang hanya merasakan keram perut setelah di sengat lebah, sementara ada juga yang langsung memperlihatkan reaksi seius dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.

Sengatan lebah bisa menyebabkan nyeri dan bengkak pada daerah yang disengat. Reaksi tersebut disebabkan adanya reaksi non-alergi tubuh terhadap racun yang masuk. Sementara reaksi alergi sendiri baru terjadi setelah 10 menit disengat. Jika anda, anak anda, atau anggota keluarga anda lainnya yang anda kenal terkena sengatan lebah, perhatikan tanda-tanda munculnya reaksi alergi pada mereka, seperti:

sakit Kepala
demam
kehilangan kesadaran
bengkak pada wajah. lidah, bibir, dan tubuh
sesak nafas

Jika terdapat tanda-tanda tersebut, bisa dipastikan mereka terkena reaksi alergi sengatan lebah.
Penanganan

Penanganan terhadap mereka yang tersengat lebah berbeda tergantung parah tidaknya reaksi alergi. Bagi mereka yang hanya memperlihatkan gejala ringan, cukup mengkonsumsi antihistamin untuk mengurangi ketidaknyamanan mereka. Sementara bagi mereka yang memperlihatkan gejala serius sebaiknya segera mendapatkan penanganan medis.

Pertama kali yang harus anda lakukan saat mendapati diri anda atau keluarga anda terkena sengatan lebah adalah mencari jarum penyengat lebah pada kulit mereka, karena jarum penyengat itulah yang membawa racun ke tubuh anda, tindakan ini bisa membantu racun tidak terlampau banyak masuk ke tubuh. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk mencabut jarum penyengat dari kulit, kemudian cucilah bagian kulit yang tersengat dengan sabun, air, dan alkohol. Mambubuhkan es batu pada area yang tersengat juga bisa membantu meredakan bengkak.
Pencegahan

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari diri anda dan keluarga dari sengatan lebah saat beraktifitas diluar ruang yaitu:

hindari memakai aftershave atau parfume
hindari meminum minuman beraroma dan berasa manis
hindari memakai pakaian berwarna cerah, warna cerah bisa menarik perhatian lebah
tutupi makanan dengan penutup jika berada diluar ruang
jika lebah atau tawon mendekati anda, jangan panik atau melambai-lambaikan tangan untuk mengusirnya. Duduk atau berdirilah dengan tenang dan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang membuat lebah merasa terancam
berhati-hatilah saat berkebun, karena di kebunlah habitan mereka
segera lakukan penanganan medis jika timbul gejala-gejala berbahaya akibat sengatan lebah

Kafebalita.com