Dear all moms, popok (diaper) sekali pake/ pospak merupakan hal yang tidak asing lagi bagi para bunda sekalian bahkan merupakan suatu kebutuhan. tetapi para bunda hendaknya cukup selektif dan teliti dalam memilih pospak, dengan tujuan praktis tetapi membahayakan sibuah hati...., tentu tidak diinginkan oleh para bunda sekalian. Nah, berikut ini saya posting tentng Bahayanya Popok Sekali Pakai/Pospak (disposable diapers):

1. Pospak mengandung bahan kimia sintetik yaitu dioxin. Bahan ini merupakan toksin yang bersifat karsinogen (bisa menyebabkan kanker). Penggunaannya telah dilarang di banyak negara.
2. Pospak juga mengandung sodium polyacrylate yang berfungsi menyerap cairan (air pipis/kencing) dan akan berubah menjadi gel apabila basah. Ia dapat menyebabkan kulit bayi menjadi merah dan ruam. Bahkan dalam keadaan kronis dapat menyebabkan muntah-muntah, deman serta terjangkiti kuman. Bahan ini tidak lagi digunakan dalam pembalut wanita sejak 1995 kerana dikaitkan dengan Toxic Shock Syndrome.
3. Pospak juga mengandung tributyl tin (TBT) yaitu bahan pencemaran alam yang sangat bertoksik. Ia dapat menganggu sistem hormon dan imunisasi badan.
4. Pospak juga dikaitkan dengan asma (lelah).
5. Satu penelitian di Jerman pada tahun 2000 telah menemukan bahawa Pospak menaikkan suhu sekitar skrotum dan dapat menjadi sebab rusaknya mekanisme penyejukan yang ada. Ia dapat memberikan pengaruh trerhadap kesuburan pada masa akan datang.
6. Pospak juga merusak dan mencemarkan alam sekitar. Pospak menggunakan banyak bahan mentah dalam pembuatannya, diantaranya pohon untuk menghasilkan kertas dan bahan kimia untuk menghasilkan plastik.
7. Lebih dari 27 juta Pospak dibuang ke tempat-tempat sampah di seluruh dunia setiap hari.
8. Sumber sampah KETIGA TERBESAR, sedangkan hanya 5% populasi dunia memanfaatkannya.
9. Sehelai Pospak perlu waktu hingga 500 tahun untuk mengurai dengan sendirinya.
10. Di rumah yang mempunyai anak kecil, Pospak menyumbang 50% dari keseluruhan sampah yang dibuang dari rumah tersebut.
11. Pospak akan mencemarkan air dan menyebabkan penyakit apabila terkumpul dengan banyaknya di tempat sampah.
12. Meningkatkan efek ruam di kalangan bayi

Secara sehat lebih baik gunakan popok kain, atau jika tetap ingin pake diaper, gunakan yang berbahan herbal meski susah didapat dipasaran.