Bunda hamil lalu absen olahraga, sebaiknya jangan. Olahraga diperlukan semua orang
termasuk Bunda yang sedang mengandung. Namun sebelumnya perhatikan dulu gerakan dan sebelumnya konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan atas olahraga yang akan dilakukan.



Bunda tentu tidak mungkin melakukan olahraga yang memerlukan banyak tekanan dan hentakan seperti aerobik atau lari sprint dan olahraga ekstreem lainnya.



Pernah menonton cuplikan film Sex and The City di mana teman-teman Charlotte menyemangatinya untuk tetap melakukan jogging disaat hamil. Dan Charlotte pun melakukan olahraga kesukaannya tersebut hingga kehamilan tua nya.



Sebelum melakukan latihan atau berolahraga sebaiknya Bunda melakukan beberapa latihan ringan peregangan atau pemanasan karena akan membantu otot lebih hangat dan fleksibel. Berikut beberapa gerakan yang dapat Bunda lakukan sebelum maupun sesudah latihan.



Leher
Lemaskan bagian leher dan pundak Bunda, lalu tundukkan kepala ke depan kemudian rotasikan kepala ke arah kanan pundak secara perlahan, lalu kembali ke tengah, kemudian ke pundak kiri lewat belakang. Lakukan 4 set masing-masing arah.



Pundak
Angkat kedua pundak dengan gerakan memutar dari belakang ke arah depan. Lakukan 4 rotasi ke arah depan dan 4 lagi ke arah belakang.



Gaya Berenang
Letakkan kedua lengan di sisi tubuh kemudian angkat lengan kanan Anda ke atas, kemudian membungkuk dan putar badan ke arah kanan sambil kedua lengan melakukan gerakan seperti renang gaya bebas. Lakukan masing-masing sepuluh kali.



Bersandar pada kaki
Berdiri dengan salah satu kaki berada 2 kaki di depan kaki yang lain. Bersandarlah pada kaki yang berada di depan, tepatnya pada bagian paha kaki yang ada di depan. Diam dan hitung hingga 8, kembali tegak lalu tukar kaki. Lakukan masing-masing 4 set.



Goyangkan kaki
Duduk dilantai dengan kaki berjauhan satu sama lain, lalu goyang-goyangkan kaki dalam keadaan lurus.



Rotasi sendi kaki
Duduk dengan kaki lurus ke depan, biarkan jari-jari dalam keadaan rileks. Putar-putar tungkai dengan gerakan melingkar. Gunakan seluruh tungkai mulai dari pangkal paha hingga telapak kaki. Rotasikan selama 4 kali di masing-masing tungkai.



Latihan Kegel
Latihan Kegel membantu menguatkan otot yang mengatur air kencing, uterus dan kantung kemih. Dengan melatih otot-otot ini selama kehamilan, Bunda bisa membangun kemampuan untuk menenangkan dan mengontrol otot untuk persiapan bersalin. Latihan ini juga disarankan pasca bersalin karena membantu menyembuhkan jaringan parineal, menguatkan otot pelvik dasar dan mendorong otot kembali pada kondisi sehat, sekaligus menguatkan kontrol urin.



Latihan kegel pada dasarnya seperti Bunda sedang menahan kencing atau menahan gas perut yang sudah ingin keluar. Otot pelvis akan berkontraksi ketika Bunda latihan kegel. Ketika melakukan latihan kegel, usahakan tidak menggerakan kaki, otot bokong, atau otot perut. Lakukan lima set latihan setiap hari, tiap kali Bunda mengkonsentrasikan otot pelvis, tahan dan hitung sampai 5 lalu lepas. Lakukan sebanyak sepuluh kali setiap 1 set latihan.