Kita semua pasti setuju jika Kulit bayi merupakan kulit yang paling cantik yang pernah kita lihat di planet ini.

Namun, berapa banyak dari kita yang tahu betapa besar usaha yang diperlukan untuk menjaga kulit bayi agar tetap halus, indah dan bercahaya.

Seorang bayi akan memproduksi melanin dalam jumlah yang sangat sedikit pada tahun-tahun awal kelahirannya, dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa bayi menjadi mudah alergi dan peka terhadap krim dan lotion yang kuat jika di oleskan dikulitnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda tentang cara untuk merawat kulit bayi yang sensitive :

Pastikan Anda memandikan bayi anda dengan baik dan secara teratur.
Bersihkan daerah di belakang telinga, di belakang lutut dan daerah popok.
Juga, pastikan bahwa Anda membuat semua daerah ini menjadi kering.
Gunakanlah produk yang spesifik untuk jenis kuit bayi anda yang sensitive.

Kulit seorang bayi memiliki kemampuan menyerap krem dan lotion dengan cepat, jika anda ingin menggunakan lotion pada kulit bayi anda sebaiknya hindari menggunakan lotion yang yang memiliki bahan kimia yang kuat ketika anda mengoleskan pada kulitnya.

Ketika anda akan membersihkan pantat bayi anda, gunakanlah air hangat dan sabun bayi yang lembut, gosoklah secara perlahan dan lembut.

Jangan sekali-kali menggosok dengan cara yang kasar, karena akan menyebabkan kulit halusnya menjadi pecah.

Setelah selesai membersihkannya, kemudian keringkan dan taburkan bedak bayi agar kulitnya tetap lembut.

Lindungilah kulit bayi anda dari hal-hal yang keras.

Jika anda ingin mengajaknya bepergian keluar rumah, lindungilah seluruh bagian kulitnya agar tidak terpapar terik sinar matahari, dan juga gunakan kerudung untuk menutupi tubuhnya agar terhindar dari terpaan angin secara terus menerus.

Hindarilah menggunakan pakaian bayi yang ketat, dan sebaiknya gunakan bayi anda pakaian yang longgar yang memungkinkan udara beredar dengan bebas pada tubuhnya.

Sering-seringlah mengganti sprei tempat tidur bayi anda, agar terhindari dari tungau dan bakteri yang bersarang di tempat tidurnya.

Mengganti sprei dan sarung bantal sesering mungkin akan menghindari bayi anda terserang penyakit dan akan membuat kulit bayi anda semakin sehat dan bersinar.