Langkah 1: Siapkan semua alat mandi (sabun, sampo, waslap, dsb), bentangkan handuk di tempat tidur, siapkan popok bersih dan bajunya.



Langkah 2: Isi bak mandi bayi dengan air hangat (32 celcius) sampai 2 – 3 inchi (sekitar 10 cm).



Langkah 3: Buka pakaian bayi di atas tempat tidur, lalu bawa ke bak mandi (tips: jika si kecil selalu nangis setiap kali dimandikan, biarkan ia tetap memakai popoknya. Ini akan memberinya perasaan aman di air).



Langkah 4: Secara bertahap, masukkan dulu bagian kaki bayi. Satu tangan menopang leher, kepala hingga punggung. Siramkan (dengan tangan) air hangat ke tubuh bayi berulangkali, agar ia tidak kedinginan.



Langkah 5: Gunakan sabun lembut dan pakailah sehemat mungkin, jangan terlalu banyak (terlalu banyak akan membuat kulit bayi kering). Usapkan tangan (atau pakai waslap) ke sabun lalu usapkan ke seluruh bagian tubuh bayi. Dari atas, depan, belakang dan bawah. Jika ada kotoran mata di sudut mata atau lubang hidungnya, seka beberapa kali untuk melembutkannya sebelum dibasuh. Bagian genitalnya adalah bagian yang harus sering dibersihkan.



Langkah 6: Setelah penyabunan selesai, bilas tubuh bayi dengan mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh dan lap tubuhnya dengan waslap kering. Lalu angkat bayi, dengan tangan kiri menopang bagian kepala dan leher dan tangan kanan Anda menopang pantatnya (jemari menggenggam pahanya).



Langkah 7: Letakkan bayi di atas handuk yang sudah dibentangkan, dan keringkan tubuhnya. Jika masih ada kulit ari yang menempel sejak ia lahir, gunakan cairan pembersih tubuh (lotion) bayi. Tapi itu sebenarnya kulit yang nanti juga akan hilang sendiri. Pakaikan popoknya (tak perlu diberi bedak), kenakan pakaiannya dan berilah ia kecupan saying di keningnya.