Hernia dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik oleh dokter anak atau bedah. Anak Anda akan diperiksa untuk menentukan apakah hernianya dapat dapat didorong kembali ke dalam rongga perut atau tidak. Mendorong hernia harus lembut, tidak boleh dipaksa, bila dipaksa usus akan pecah.

Bagaimana doktermPenangani hernia ?
Hernia inguinalis
Operasi mungkin diperlukan untuk mengatasi hernia inguinalis. Ini dapat menjadi operasi darurat yang harus segera dilakukan, karena usus dapat terjebak dalam kanalis inguinalis. Operasi hernia inguinalis biasanya dilakukan agar kerusakan tidak terjadi.
Selama operasi hernia, anak Anda akan mendapatkan pembiusan. Sebuah sayatan kecil dibuat di daerah hernia. Tonjolan usus ditempatkan kembali ke dalam rongga perut. Otot-otot perut kemudian dijahit. Operasi hernia biasanya merupakan prosedur yang cukup sederhana. Anak-anak yang mendapatkan operasi perbaikan hernia inguinalis seringkali bisa pulang di hari yang sama.
Hernia umbilikal
Pada usia satu tahun, hernia umbilikal pada kebanyakan anak telah menutup sendiri tanpa perlu pembedahan. Hampir semua hernia umbilikal sudah menutup sendiri di usia 3-5 tahun.
Ada banyak pendapat tentang kapan bedah perbaikan hernia umbilikal diperlukan. Secara umum, jika hernia membesar dengan bertambahnya usia, tidak dapat menurup spontan, atau masih ada setelah usia 3 tahun, dokter Anda mungkin menyarankan agar diperbaiki melalui pembedahan.
Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk menentukan apa yang terbaik untuk anak Anda