Bisa dikatakan probiotik merupakan bakteri baik yang secara alamiah ada di dalam saluran pencernaan manusia. Disebut sebagai bakteri baik/menguntungkan Karena bila mikroorganisme tersebut dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Contoh, bakteri asam laktat dan Bifidobacterium. Sedangkan prebiotik adalah bahan/komponen yang dapat bermanfaat untuk perkembangan mikroflora di dalam usus tadi. Di dalam usus, bahan prebiotik selain akan difermentasi oleh bakteri baik terutama Bifidobacteria dan Lactobacillus juga akan menghasilkan asam lemak berantai pendek yang oleh tubuh dapat digunakan sebagai sumber energi.
MANFAAT PROBIOTIK

Bakteri probiotik yang sudah melalui uji klinis di antaranya adalah Lactobacillus casei subsp, casei Shirota strain dan Bifidobacterium breve strain Yakult. Beberapa penelitian membuktikan bahwa probiotik dapat digunakan untuk mencegah sekaligus sebagai pengobatan diare akut yang disebabkan infeksi usus. Manfaat lain probiotik adalah:

· Mencegah dermatitis atopik atau alergi kulit.

· Mengatasi intoleransi terhadap laktosa (tak tahan gula susu).

· Mencegah diare dan sembelit.

· Mencegah kanker dan hipertensi.

· Menurunkan kolesterol.

· Menormalkan komposisi bakteri saluran pencernaan setelah pengobatan antibiotik.

· Dapat merangsang fungsi antibodi dalam sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

· Mampu mengurangi bahaya penyerapan bahan kimia yang bersifat karsinogen.

· Mencegah kerusakan DNA pada sel tertentu, menghasilkan komponen yang menghambat pertumbuhan sel tumor, merangsang sistem kekebalan untuk lebih tahan terhadap pembelahan sel kanker.