Berikut ini anatomi dari bayi yang baru lahir bagian 2, seperti dikutip dari buku Ensiklopedia Tubuh manusia, karangan Steve Parker, Selasa (31/1/2012) yaitu:

1. Rahang bawah
Mengandung gigi primer (susu) yang sudah terbentuk sempurna dalam tulang rahang. Pada sebagian besar kasus, gigi belum mulai tumbuh keluar sampai bayi berusia 6 bulan ke atas.

2. Jantung
Perubahan struktur jantung saat lahir memungkinkan darah untuk bersirkulasi melalui paru-paru dan bukan melalui plasenta.

3. Paru-paru
Saat napas pertama kali, paru-paru bayi akan terisi oleh udara, mengembang dan pernapasan (respirasi) yang teratur dimulai.

4. Usus
Usus akan bekerja mengeluarkan zat tinja pertama berupa campuran empedu dan lendir, kental, lengket, berwarna hitam kehijauan dan disebut dengan mekonium.

5. Femur
Femur merupakan tulang panjang paha, hanya berupa batang tulang yang telah mengeras menjadi tulang saat lahir. Ujung-ujungnya berupa tulang rawan yang masih bisa tumbuh.

6. Genital
Berukuran besar di kedua jenis kelamin. Pada genital anak perempuan mungkin mengeluarkan sedikit cairan vagina.

7. Kaki
Saat lahir sebagian besar tulang kaki berupa tulang rawan, dan kaki bisa ditekuk ke dalam atau keluar tergantung dari posisi bayi dalam uterus (rahim).
( ver/ir )