psikologis, waktu istirahat sekolah juga menjadi salah satu cara agar anak-anak tetap aktif secara fisik.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Wood Johnson Foundation menemukan, saat istirahat sekolah, 42 persen anak sekolah di Amerika Serikat melakukan olahraga permainan. Mengingat ancaman obesitas di kalangan anak-anak kini makin meningkat, bermain di lapangan atau berolahraga saat istirahat sekolah merupakan cara mudah dan murah untuk mendorong anak-anak sering beraktivitas secara fisik.


Tambahan lagi, waktu istirahat sekolah memberi kesempatan pada anak-anak untuk mendapat berbagai pelajaran hidup yang berharga, menurut Susan Ohanian, pengarang buku What Happened to Recess and Why Are Our Children Struggling in Kindergarten?


“Mereka yang paham soal anak-anak – terutama soal anak kecil – pasti tahu bahwa anak belajar banyak saat bermain di sekolah: Bagaimana caranya bisa cocok dengan teman, bernegosiasi, mematuhi aturan tak tertulis, cara berbicara dengan teman, serta belajar kalah dan bangkit lagi,” ujar Ohanian. Intinya, anak belajar keterampilan sosial yang akan bermanfaat saat ia dewasa kelak.