Saat berpergian hand sanitizer gel selalu menjadi jagoan kita untuk membersih kan tangan si kecil dari debu dan kotoran. sebenarnya seberapa ampuhkan hand sanitizer gel membunuh kuman, dan aman kah bagi kulit dan kesehatan anak anda? Yuks kita cari tahu lebih jauh.

Hand sanitizer gel awalnya dibuat untuk mengurangi angka sakit di kelas atau ditempat kerja karena alfa nya seseorang mencuci tangan setelah beraktifitas. Oleh sebab itu dibutuhkan hand sanitizer untuk membuat tangan kembali hygienis seketika tanpa harus cuci tangan.

Namun sayangnya, untuk membuat tangan seketika hygienis dibutuhkan bantuan alkohol sebagai anti bakteri. Hand sanitizer gel sedikitnya mengandung 62% ethyl alcohol disetiap botolnya, yang jika tertelan bisa menimbulkan bahaya bagi anak. salah satu kasus pernah terjadi pada seorang anak yang menjilat sisa hand gel di tangannya karena tertarik dengan bau buah dari hand sanitizer tersebut. Ternyata setelah beberapa saat muncul lah gejala keracunan alkohol pada si anak.

Fakta tentang kandungan alkohol dalam hand sanitizer gel tak sepenuhnya pendukung pernyataan bahwa hand sanitizer memberikan dampak buruk bagi pemakainya. Kenyataannya peggunaan hand sanitizer secara aman dan tidak berlebihan sangat disarankan dibanding anda sama sekali tidak mencuci tangan. Hanya saja dibutuhkan ekstra hati-hati dari orangtua jika digunakan oleh anak-anak. Perlakukan hand sanitizer seperti cairan rumah tangga berbahaya lainnya dengan cara:

mengawasi anak anda ketika menggunakannya
pastikan seluruh gel diusapkan rata ke tangan atau telah kering oleh udara, sebelum tangan menyentuh makanan
jauhkan dari jangkauan anak-anak
pilihlah gel yang bebas alkohol, atau paling tidak memiliki kadar alkohol rendah
jika anak anda menelan gel tersebut, secepatnya lakukan tindakan ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Jika kotoran yang menempel ditangan anda terlihat jelas ada baiknya anda lebih memilih mencucinya dengan air dan sabun, dari pada menggunakan hand gel. Meski demikian penggunaan hand gel dalam batas wajar masih diperbolehkan untuk mencegah penyebaran kuman lewat tangan. Hanya harus dipastikan bahwa anda hanya menggunakan hand sanitizer gel untuk bagian tangan, bukan bagian tubuh lainnya.

Kafebalita.com