manfaat alpukat untuk bayi telah banyak direkomendasikan oleh para dokter dan ahli gizi. Pemberian alpukat sebagai makanan pendamping asi (MPASI) atau sebagai tambahan dapat dimulai sejak bayi berusia 6 bulan ke atas.

Alpukat termasuk buah yang aman, seperti halnya pisang dan jeruk. Kandungan gizinya pun cukup tinggi. Alpukat termasuk buah yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Kabar baiknya adalah bahwa lemak yang dikandung alpukat berasal dari ‘lemak baik’. Karena itu alpukat tidak mengandung kolesterol. Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup komplit.

Kandungan nutrisi alpukat dapat memenuhi kebutuhan bayi anda. Setidaknya ada 11 vitamin dan 14 mineral antara lain vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, mineral kalium, zat besi, sodium, forfor, mangan, asam folat, serat selulosa dan potasium.

Lemak nabati yang dikandung alpukat sangat baik untuk tubuh. Ini dapat memebuhi kebutuhan lemak bayi tanpa khawatir kegemukan.

Cara Penyajian

Alpukat dapat anda sajikan tanpa tambahan apapun atau sebagai campuran dengan makanan lain. Pilih alpukat yang cukup matang. Belah dua. Buang bijinya. Kerok daging buah menggunakan sendok. Saring menggunakan penyaring halus hingga seratnya terpisah.

Hasilnya dapat anda berikan pada bayi anda. Jika ingin memberi rasa, anda dapat menggunakan tambahan ASI/ susu bayi atau madu. Hindari tambahan pemanis lainnya.

Anda juga dapat mengolah alpukat dengan mencampurkannya dengan bahan makanan lain seperti bubur alpukat. Anda dapat membuat bubur beras terlebih dahulu dengan tambahan kaldu dari ayam atau daging.

Setelah bubur matang dan dingin, blender bersama alpukat yang sudah disaring. Tambahkan asi atau susu formula hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Berikan pada bayi anda selagi hangat.

Anda juga dapat mencampur alpukat dengan kentang dan labu kuning yang telah dikukus matang. Penyajian alpukat yang tanpa dimasak menjadikan kandungan nutrisi yang dikandungnya relatif terjaga. Karena itu bayi anda pun mendapatkan gizi terbaik untuk tumbuh kembangnya