Ada saatnya anak kecil harus sudah bisa makan sendiri tanpa perlu disuapi lagi oleh ibu atau pembantunya. Penting bagi orangtua untuk mengajari anak makan sendiri sejak masih kecil. Risiko yang biasanya harus dihadapi ketika mengajarkan si kecil makan sendiri adalah makanan akan berceceran dimana-mana, berantakan dan kotor. Tapi jika anak tidak diajarkan makan sendiri sejak masih kecil, nantinya anak selalu tergantung pada ibunya ketika ingin makan dan tidak bisa mandiri.

Biasanya saat anak mulai diajarkan makan sendiri, anak akan memain-mainkan makanan tersebut. Untuk itu orangtua harus selalu mendampingi si kecil saat makan dan dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam mengajarkannya. Karena mengajarkan anak untuk bisa makan sendiri adalah bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan teknik khusus untuk membuat anak tertarik belajar makan sendiri.

Beberapa cara mengajarkan anak untuk makan sendiri

- Beri tahu anak cara memegang sendok yang benar serta biasakan anak untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.
- Ajarkan teknik bagaimana mengambil makanan dengan sendok, orangtua bisa memberinya contoh atau menggenggam tangan anak secara bersama-sama.
- Buatlah makanan menjadi potongan-potongan kecil yang mudah diambil oleh anak serta berikan porsi makanan sedikit demi sedikit.
- Biasakan anak makan di meja dan dalam posisi duduk, bukan berdiri, tiduran atau sambil berlari-lari.
- Buatlah kegiatan makan tersebut menjadi hal yang menyenangkan bagi anak.
- Sebaiknya hindarkan dahulu barang-barang yang bisa menarik perhatiannya, sehingga konsentrasi si anak hanya terpaku pada makanannya saja.
- Pastikan anak menggunakan alas dada sehingga makanannya tidak mengotori baju.
- Usahakan orangtua mengajari anaknya saat semua anggota keluarga sedang makan bersama, karena ini bisa memotivasi anak untuk bisa makan sendiri seperti yang lainnya.
- Jangan memarahi anak jika makannya berantakan atau berceceran dimana-mana, karena anak akan merasa takut untuk mencoba lagi.
- Berikan apresiasi seperti tepuk tangan, pelukan atau pujian lain jika anak berhasil makan sendiri dengan benar.

Bagi orangtua yang ingin mengajarkan anaknya makan sendiri harus memiliki kesabaran yang tinggi dan jangan pernah memarahi anak jika melakukan kesalahan. Tapi orangtua harus bisa memotivasi anak untuk berusaha mencoba lagi.