Tak ada yang lebih menyebalkan menghabiskan waktu berjam-jam di dapur tapi daging yang kita masak akhirnya keras dan sulit dikunyah.

Agar Moms terhindar dari masalah ini dan daging yang dimasak dapat empuk dan mudah dicerna, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

Memukul:
1. Letakkan talenan di permukaan yang kuat, kemudian taruhlah daging yang ingin diempukkan di tengah-tengah talenan.
2. Tutuplah talenan dengan plastik pembungkus.
3. Pukul daging dari tengah memakai palu daging hingga daging itu memiliki ketebalan yang sama.

Perendaman:
1. Kupas dan potong pepaya serta nanas ke bagian kecil lalu blender keduanya.
2. Blender kedua buah itu hingga halus, kemudian saring puree dan masukkan ke dalam mangkuk.
3. Taruh daging yang ingin diempukkan ke dalam jus pepaya dan nanas. Aduk daging dengan jus hingga bercampur dengan baik.
4. Tutuplah mangkuk dengan bungkus plastik lalu masukkan ke dalam kulkas selama semalam hingga jus pepaya dan nanas itu meresap sempurna ke dalam daging.

Tapi ingat jangan lebih dari delapan jam dan sekurangnya tiga hingga empat jam Moms. Enzim yang terkandung dalam nanas dan pepaya akan menghancurkan serta melembutkan serat daging yang keras.

Hanya gunakan pepaya dan nanas segar sebagai bahan jus. Hindari buah kalengan atau jus kalengan karena enzim pengempuk daging sudah hilang karena proses pengawetan atau pemanasan.

Penggunaan kombinasi nanas dan pepaya merupakan jus pengempuk daging terbaik. Ini karena nanas mengandung enzim pengempuk terkuat, bromelin sementara pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghancurkan serat daging.