Masih kecil kok pakai kacamata? Yuk, jaga agar mata anak Anda tetap sehat. ini adalah berbagai caranya.

- Batasi waktu nontonnya. Jangka waktu menonton televisi yang dianjurkan adalah 1 -2 jam/hari, sedangkan untuk main gadget 1-2 jam/minggu (berdasarkan penelitian dari Singapura).

- Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mata anak, terutama untuk metabolisme retina yang akan memaksimalkan ketajaman penglihatan. Berpikir untuk mengganti buah dan sayur dengan suplemen? Boleh saja, sih, jika memang anak masih sulit untuk makan sayur buah alami.

- Beri penerangan yang cukup di ruangan. Menonton televisi, main gadget, atau membaca, sebaiknya dilakukan di ruangan dengan penerangan yang cukup. Penrangan ini sangat mempengaruhi kesehatan mata anak, lho. Menonton atau membaca yang dilakukan dalam ruangan redup atau gelap, akan membuat mata berkontraksi lebih kuat dan dapat mempengaruhi bentuk bola mata.

- Posisi duduk. Bermain gadget atau nonton TV atau membaca dalam keadaan telentang atau tiduran tidak dianjurkan pada anak-anak yang matanya masih berkembang. Selain akan mempengaruhi bentuk bola mata juga mata menjadi cepat lelah/perih dan mengeluh pusing.