Kondisi setelah melahirkan ditambah menyusui bayi tak pelak membuat Anda membutuhkan energi ekstra. Untuk itu Anda harus benar-benar menjaga keseimbangan asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda. Apa-apa saja yang dibutuhkan tubuh Anda dalam kondisi ini?

1. Jangan malas makan. Mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam. Bila perlu, tambahkan snack di antara waktu makan. Telur, yogurt, dan roti gandum sangat dianjurkan buat sarapan. Jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat dan protein tinggi yang membuat tubuh Anda kuat dan menghindarkan kantuk.
2. Hindari diet. Penurunan berat badan yang terlalu cepat pascamelahirkan dapat mengurangi kualitas dan kuantitas air susu Anda. Lagipula, menyusui bayi secara ekslusif selama enam bulan, secara alami akan membantu mengembalikan berat ideal tubuh Anda.
3. Minum air putih tak kurang dari 8 gelas sehari. Air adalah zat paling mudah diserap dan sangat membantu memulihkan energi. Hindari kafein dan minuman yang mengandung zat gula tinggi. Gula hanya akan membuat Anda gemuk tanpa keuntungan bagi si mungil.
4. Daripada mengatrol energi dengan kafein atau makanan instant, menyantap buah adalah pilihan terbaik. Kandungan nutrisi dalam buah tak memberi efek buruk sama sekali.
5. Selama asupan nutrisi cukup, sebenarnya ibu menyusui tak perlu mengkonsumsi suplemen. Namun khusus untuk zat besi, ibu menyusui perlu mendapat tambahan lebih mengingat banyaknya zat besi yang diserap bayi selama dalam kandungan. Selain itu, zat besi juga sangat diperlukan untuk mengganti banyaknya darah yang keluar saat melahirkan. Zat besi paling banyak pada daging berwarna merah, hati, dan sayuran hijau.
6. Tidur cukup. Jangan sia-siakan waktu kapanpun Anda punya kesempatan untuk lelap. Tidur sangat mujarab memulihkan energi.