Secara teoritis, bayi bisa tidur sepanjang malam (tanpa terjaga untuk minum susu), sejak usia 6 bulan. Namun, kondisi ini sangat bervariasi. Ada anak yang sebelum usia 6 bulan pun sudah terlelap sepanjang malam. Ada juga yang usianya sudah lebih dari 6 bulan, namun masih bolak balik terjaga untuk menyusu.

Bagaimana cara mengatur pola tidur bayi?

• Kuncinya terletak pada konsistensi. Sejak awal, ciptakan rutinitas tidur yang konsisten. Lakukan sedini mungkin, karena pada dasarnya bayi menyukai rutinitas, terlebih yang menyangkut pola tidur.

• Rutinitas tidur bisa dimulai dengan memandikannya. Mandi air hangat sangat nyaman dan biasanya bayi menyukainya.

• Kenakan piyamanya, lalu susui. Setelah itu, Anda bisa mendongeng ringan atau menyanyikan lagu-lagu untuk tidur. Bila rutinitas ini dilakukan setiap malam, bayi akan memahami kalau inilah saatnya untuk tidur.

• Bayi juga bisa diajari untuk tidur sendiri (tanpa harus digendong dulu). Biasakan untuk menidurkan bayi di boksnya, serta lampu di kamar dibuat temaram. Sesekali tengok bayi Anda. Setelah beberapa saat, bayi akan tertidur dengan sendirinya.

• Intinya, segala sesuatu perlu diperkenalkan sejak dini dan secara konsisten. Dengan begitu, sejak awal, anak belajar untuk teratur alias disiplin. Awalnya mungkin sulit, namun babies are very smart. Dengan cepat, mereka bisa memahami lingkungan dan berbagai kebiasaan, termasuk rutinitas tidur.