DI era revolusi teknologi informasi seperti saat ini, internet agaknya sudah tidak menjadi barang asing lagi. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak usia sekolah dasar pun sekarang sudah lincah menggerakkan mouse untuk berselancar di dunia maya.

Ya, internet kini memang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita. Anak-anak zaman sekarang pun sudah terbiasa menggunakan internet untuk mencari berbagai tugas sekolah, memperluas relasi sosial lewat situs pertemanan, chatting, sampai sekadar bermain game online.

Akan tetapi, di balik berbagai manfaat yang ditawarkan teknologi tersebut, banyak pula bahaya yang mengintip. Misalnya saja ancaman pornografi, kekerasan, sampai masalah kecanduan internet. Oleh karena itu, untuk menghindarkan anak dari dampak negatifnya, ada baiknya mengikuti beberapa tip aman berinternet dari Media Perempuan berikut ini:

Komputer di ruang keluarga
Anak akan berpikir dua kali sebelum membuka situs-situs aneh di internet jika tahu ada orang lain di sekitarnya. Maka, menempatkan komputer atau laptop di ruang keluarga adalah taktik yang paling cerdas. Dengan demikian, Anda lebih mudah memantau aktivitas internet anak dibandingkan jika perangkat komputer tersebut ditempatkan di kamarnya.

Internet monitoring software
Meng-install internet monitoring software dapat membantu Anda memantau aktivitas internet anak saat sedang tidak berada di rumah. Beberapa software yang tersedia menawarkan fasilitas untuk melacak situs internet yang dijelajahi, file-file yang di-download, percakapan di chat room dan IM, serta memungkinkan orang tua untuk memblokir akses ke situs-situs tertentu.

Membuat password
Ada baiknya jika Anda menciptakan password untuk log inke komputer, dan merahasiakannya dari anak. Dengan demikian, anak tidak bisa mengakses komputer jika tidak ada orang tua di sekelilingnya.

Mengecek perangkat lain
Saat ini, internet dapat diakses dari berbagai perangkat selain komputer atau laptop. Teknologi telepon seluler (ponsel) yang semakin canggih membuat orang bisa mengakses internet lewat perangkat mungil tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa ponsel anak secara rutin demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencarikan situs khusus anak
Saat ini, demam situs jejaring sosial sedang melanda para pecinta internet. Akan tetapi, tidak semua situs tersebut menyajikan konten yang pantas untuk dilihat atau dikonsumsi anak-anak. Oleh karena itu, pastikan Anda membantu anak mencarikan situs khusus yang tepat untuknya. Beberapa situs yang aman untuk anak misalnya facebookforkids.com, whyville.net, clubpenguin.com, dan kids.nationalgeographic.com.

Membatasi waktu berinternet
Bermain internet bisa membuat anak keasyikan dan lupa waktu. Oleh karena itu, sebelumnya buat perjanjian tentang kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk anak mengakses internet. Misalnya, pada hari minggu setelah ia selesai mengerjakan tugas-tugas sekolah, atau pada waktu-waktu lain sesuai kesepakatan. Selain itu, batasi durasi anak bermain internet, misalnya satu sampai satu setengah jam perhari.