Meski anda bisa membeli susu formula seharga ratusan ribu, tapi manfaat alami ASI tak akan terganti. Inilah yang terangkum dalam Buku Panduan Manajemen Laktasi yang diterbitkan Departemen Kesehatan RI 2001. Selain tentang kecerdasan, ada empat alasan luar biasa tentang ASI.

1. Aspek neurologis >> Saat menghisap puting ibu, bayi belajar mengoordinasikan syaraf menelan, menghisap, dan bernafas hingga dia belajar tidak tersedak dengan sendirinya

2. Aspek menunda kehamilan >> ASI eksklusif dapat menunda datangnya siklus haid dan menurunkan potensi hamil lebih cepat. Sehingga ASI dapat digunakan sebagai alat kontraspesi alami. Secara ilmiah, masa-masa ini dikenal dengan istilah Metode Amenorea Laktasi (MAL)

3. Aspek imunologik >> ASI mengandung Lysosim, satu enzim yang melindungi bayi dari infeksi bakteri E.coli dan salmonella. Percaya atau tidak, jumlah lysosim dalam ASI 300 kali lebih banyak dibanding susu sapi. Selain itu, di dalam ASI terkandung Immunoglobulin A (Ig.A) dalam kolostrum. Zat ini berguna untuk melumpuhkan bakteri patogen seperti E.coli di saluran cernanya

4. Aspek ekonomis >> Diakui atau tidak, saat menyusui secara eksklusif, ibu dapat menghemat biata pembelian susu formula dan makanan bayi hingga dia berusia 4-6 bulan (sebelum dia diperkenalkan makanan pendamping ASI)