Ibu akan mengalami dilema ketika harus dihadapkan pada pilihan memberikan ASI atau susu formula. Meski pemberian ASI masih yang terbaik, namun banyak kendala yang membuat pemberian ASI pada bayi tidak maksimal.

Keuntungan ASI
ASI mengandung komponen laktosa, protein, dan lemak yang mudah dicerna oleh system pencernaan bayi yang baru lahir. ASI juga mengandung semua komponen alami vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI membuat orang tua berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu.

Tantangan menggunakan ASI
Bayi akan lebih sering menyusui ASI dibandingkan dengan susu formula, ini karena ASI lebih cepat dicerna oleh tubuh bayi sehingga bayi akan cepat pula merasa lapar, sehingga tidak ada jam khusus untuk bayi menyusui ASI. Dan ibu yang memberikan ASI harus menjaga pola makannya termasuk tidak boleh mengkonsumsi kafein berlebih dan membatasi penggunaan obat-obatan jika sang ibu sakit.

Keuntungan Susu Formula
Susu formula lebih lama dicerna oleh tubuh bayi karena komponen yang terkandung di dalamnya lebih kompleks, sehingga waktu pemberian susu formula lebih sedikit dibandingkan dengan ASI

Tantangan Susu Formula
Botol yang digunakan dalam pemberian susu formula harus higienis dan disteril lebih dahulu untuk menghindari infeksi bakteri ataupun virus, sehingga penyiapannya lebih repot. Antibodi yang terdapat disusu formula tidak selengkap ASI, sehingga bayi akan kekurangan beberapa antibodi.