Air begitu penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Dari minum, memasak, makan dan berbagai hal lain terkait dengan air. Bahkan pada umumnya manusia bisa bertahan hidup selama dua hingga delapan pekan tanpa makan.

Tapi bertahan hidup tanpa air hanya dapat kita lakukan selama tiga atau empat hari saja. Ternyata ada banyak fakta mengejutkan soal air di dunia saat ini Moms. Mau tahu apa saja?

Berikut fakta soal air yang kami rangkum dari Food & Water Watch:

1. Dunia tengah mengalami krisis air. Saat ini satu dari enam orang di dunia tak bisa mendapatkan air bersih. Setiap tahunnya dua juta orang meninggal karena penyakit yang disebabkan kekurangan air bersih.

2. Banyak wilayah di dunia yang mengalami kekurangan air. Ini terjadi karena kekeringan atau penggunaan air yang berlebihan. Air di seluruh dunia kini mengalami penurunan debit air. Bahkan Sungai Columbia, mengering sebelum mencapai muara.

3. Rata-rata penggunaan air di rumah tangga AS mencapai 69 gallon (261 liter) setiap harinya.

4. Dikutip dari Washington Post, "Air yang digunakan untuk menyiram toilet di negara Barat lebih banyak dibanding air yang dipakai orang di Afrika untuk kegiatan sehari-hari."

5. Menurut majalah Harper, setengah dari air segar yang dipompa dari sumbernya di AS digunakan untuk mendinginkan pembangkit listrik.

6. Di Bolivia, hampir satu dari 10 anak meninggal sebelum berumur lima tahun. Kebanyakan dari mereka meninggal karena penyakit akibat tak meminum air bersih.

7. Setiap harinya diperkirakan tujuh miliar gallon (26,49 miliar liter) air minum bersih tersia-sia karena kebocoran di AS.

8. Hingga 40 persen air dalam kemasan merupakan air keran biasa yang dikemas sedemikian rupa.

9. Pada 2003, pemerintah daerah Johannesburg, Afrika Selatan memasang pipa prabayar yang membuat kaum papa disana tak dapat mengakses air bersih. Di tahun 2008, Pengadilan Tinggi menyatakan hal ini inkonstitusional. Sayangnya hingga kini keputusan tersebut belum terealisasi karena adanya pengajuan banding dan kaum papa masih harus kesulitan memperoleh air bersih.

10. Saat ini industri air minum membuat teknologi sehingga air laut dapat digunakan sebagai air minum untuk mengatasi krisis air. Sayangnya hal tersebut bukanlah solusi yang tepat. Desalinisasi berharga tinggi, dapat membunuh organisma laut serta berbagai hal buruk lain sehingga tak menjadi pemecahan yang tepat untuk krisis air.