Membakar kalori tidak selalu dengan berolahraga atau fitnes. Kegiatan yang terlihat sepele ternyata juga bisa membantu mengurangi kelebihan kalori dan membuat tubuh jadi lebih fit. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan. Aktivitas kecil yang dikutip dari Discovery Fit & Health ini dapat membantu membakar kalori lebih banyak.

1. Belanja Bulanan

Mendorong troli atau keranjang belanja yang berisi banyak barang di supermarket bisa membakar hingga 243 kalori hanya dalam satu jam. Ambil dan bawa sendiri barang belanjaan Anda, pindahkan belanjaan dari troli ke dalam mobil sendiri, dan kembalikan lagi troli ke tempat yang seharusnya. Anda pun bisa menambah ekstra kalori yang terbakar.


2. Sikat Gigi

Para dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi minimal dua menit agar gigi, gusi dan rongga mulut bersih maksimal. Tapi selain itu, ada keuntungan lain yang Anda dapat yaitu ada 5,7 kalori yang terbuang. Sikatlah gigi Anda dengan perlahan dan seksama. Gigi bersih, kalori berlebih pun berkurang meskipun jumlahnya tidak signifikan.


3. Mengelap Perabotan

Bersihkan dan lap sendiri meja, rak, jendela atau kabinet di rumah Anda. Tanpa bantuan asisten rumah tangga. Membersihkan perabotan rumah selama 30 menit, bisa membakar sebanyak 80 kalori.


4. Menyetrika Baju

Menyetrika baju adalah tugas rumah tangga yang paling dibenci wanita. Tapi mungkin mereka akan berubah pikiran jika tahu bahwa kegiatan ini bisa membakar hingga 76,5 kalori bila dilakukan selama 30 menit.


5. Melipat Baju

Habis menyetrika, biasanya kita akan melipat baju. Nah, aktivitas ini ternyata bisa menambah kalori yang terbakat. Sekitar 72 kalori dalam 30 menit. Semakin besar ukuran baju, akan semakin bagus.


6. Mengepel Lantai

Jangan selalu mengeluh kalau mendapat giliran tugas mengepel lantai. Jadikan tugas ini sebagai aktivitas fisik untuk mengurangi kalori berlebih. Mengepel lantai selama 30 menit, membakar hingga 153 kalori.


7. Parkir Kendaraan

Parkir kendaraan di bagian paling jauh dari tempat tujuan. Dengan memarkir kendaraan pada posisi paling pojok, maka Anda akan berjalan lebih jauh ke tempat tujuan sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

8. Menyapu Lantai

Menggerakkan gagang sapu ke depan dan belakang, atau samping kiri dan kanan selama 10 menit ternyata bisa membakar sedikitnya 28 kalori. Maka jangan kesal jika ada debu dan kotoran di lantai rumah. Segera ambil sapu dan buang ke luar.


sumber:wolipop.com