1. Memberi menu makanan yang variatif
Agar anak mau makan, hendaknya Bunda menyuguhkan menu makanan yang variatif dan menarik, ini bisa memacu selera makannya.

2. Melibatkan tokoh kesayangannya
Setiap anak memiliki tokoh kesayangan. Anda bisa memanfaatkannya agar anak bisa lebih meningkatkan selera makan. Anda bisa mencoba menggunakan peralatan makan yang bertemakan tokoh kesayangan anak andasehingga anak akan menikmati waktu makannya.

3. Biarkan anak berekspresi
Dalam menentukan menu makanan Anda bisa membiarkan anak untuk memilih menu makanannya sendiri sesuai dengan menu yang anda buat. Dengan begitu anak akan makan makanan yang disukainya.

4. Memberikan camilan yang sehat
Tidak ada salahnya memberikan camilan yang sehat pada anak seperti roti, tempe goreng dan sebagainya selama anak berada diluar rumah. Ini bisa membuat anak tetap makan makanan bergizi tanpa mengurangi jadwal bermainnya.

5. Menerapkan Hadiah dan hukuman
Ini dilakukan untuk memberikan aturan sederhana pada anak. Misal anak tidak boleh bermain PS sebelum menghabiskan makanannya. Dengan begitu anak akan terpacu untuk segera menghabiskan makanannya agar bisa menikmati permainan kesayangannya.

6. Makan berkelompok dengan anak tetangga yang sebaya
Makan bersama teman-teman sebayanya bisa membuat acara makan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anak akan menikmati makanannya seraya masih bisa bermain dengan teman-temannya.

7. Memberikan suplemen tambahan
Dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan diharapkan bisa menambah nafsu makannya.