Anak yang sehat dan pintar jadi kebanggaan bagi setiap orangtua. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya memastikan agar asupan makanan yang anak makan bergizi dan kaya akan kandungan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Sayangnya banyak anak yang menolak ketika diberi makan makanan sehat. Penolakan ini bisa menyebabkan mereka malas makan atau hanya makan dalam porsi sangat sedikit. Bagaimana agar anak mau mengonsumsi makanan bernutrisi? Berikut ini tipsnya seperti dipaparkan theparentszone:

1. Porsi yang Tepat
Anak akan merasa kewalahan dan kekenyangan apabila disuguhkan makanan dalam porsi makan orang dewasa. Oleh karena itu pastikan ia mendapat porsi kecil yang sesuai dengannya.

2. Sembunyikan Makanan yang Tidak Disukai
Jika Anda sudah mengetahui makanan yang tidak disukai anak, olah makanan tersebut terlebih dahulu bersama dengan makanan lain. Atau Anda juga bisa juga menata makanan itu agar tidak terlihat olehnya ketika dikonsumsi. Dengan beberapa trik 'menyembunyikan' ini anak akan tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanpa sepengetahuannya.

3. Healthy Pizza
Jika anak Anda menyukai pizza, buatlah pizza yang ia konsumsi lebih sehat dengan cara memilih topping dengan keju yang lebih sedikit, namun kaya akan sayuran.

4. Mudah Dikonsumsi Kapan Saja
Buatlah sayur dan buah-buahan menjadi lebih mudah untuk dimakan kapan saja oleh anak. Hal itu karena anak-anak cenderung menyukai makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Serta kontrollah agar ia tidak terlalu sering mengonsumsi permen yang kurang baik untuk kesehatan giginya.

5. Sayur-sayuran dan Buah-Buahan
Sayur-sayuran dan buah-buahan termasuk dalam nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak. Pastikan buah-buahan dan sayuran yang mengandung nutrisi dan vitamin selalu ada dalam menu hariannya.

6. Kaya Akan Zat Besi
Kebanyakan anak kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena itu usahakan anak rutin makan buah dan sayur yang kaya zat besi misalnya saja jagung, bayam, pokcoy, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kedelai).

7. Belilah Sajian Makanan yang Bernutrisi
Jika Anda termasuk orangtua yang sibuk dan sering membelikan makanan di luar untuk buah hati Anda, pastikan makanan tersebut diolah dengan menggunakan banyak sayur dan buah-buahan agar nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam makanan tetap tinggi.