Orang tua pasti tahu bahwa imunisasi ketika bayi itu sangatlah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada penyakit tertentu. Biasanya, ada sedikit masalah ketika bayi anda akan imunisasi. Masalah yang sering muncul adalah tangisan bayi setelah imunisasi. Ketika disuntik, memang akan terasa sakit dan tidak nyaman, sehingga wajar jika bayi menangis. Jika dulu anda merasa kerepotan untuk menenangkan bayi anda, kini anda tidak perlu merasakan kerepotan yang sama lagi. Selama anda menguasai trik 5S yang ditemukan oleh dr. John Harrington, dokter dari Children’s Hospital of the King’s Duaghters di Norfolk, Virginia, anda akan bisa dengan mudah menenangkan bayi yang menangis setelah imunisasi.
Trik pertama, yaitu swaddling. Swaddling berarti menyelimuti bayi dengan selimut yang nyaman mirip selimut burrito. Biasanya, ini dilakukan ketika bayi hendak tidur. Ketika anda menyelimuti bayi dengan trik ini, bayi akan merasa nyaman dan keterkejutan atau rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh proses vaksinasi akan berkurang. Melakukan trik ini dengan baik adalah kunci yang mempermudah trik selanjutnya, yaitu side or stomach position. Trik kedua ini berarti menempatkan bayi pada posisi miring atau tengkurap. Hal ini dikarenakan tidur dengan punggung di bawah kurang memberikan kenyamanan pada bayi anda. Jika anda kesulitan menempatkan bayi pada posisi tengkurap, anda bisa menggendongnya di atas lengan anda.

Trik ketiga adalah shush. Hal ini berarti membuat suara yang menenangkan. Bayi tidak selalu memerlukan keheningan total. Dia telah terbiasa dengan white noise atau kebisingan yang sanggup menenangkan seperti suara hujan. Untuk itu, mungkin anda bisa mencoba membuat suara ‘shhh’ yang menenangkan si bayi agar dia bisa berhenti dari tangisnya ketika proses vaksinasi dilakukan. Keempat, anda bisa melakukan swing atau mengayun. Ayunan yang lembut bisa menenangkan bayi. Namun, jika anda hendak menghentikan bayi anda dari tangis yang luar biasa hebat, gerakan ayunan yang harus anda lakukan adalah mengayun dengan cepat dan dengan jarak yang pendek-pendek. Selalu ingat untuk menyangga kepala atau bagian leher bayi anda.

Trik terakhir dari kompilasi trik 5S adalah suck. Biarkan bayi anda menghisap dot atau hal lain seperti ketika dia menyusui. Perlu diketahui bahwa sebenarnya menyusui bisa mengurangi nyeri dan menenangkan bayi dengan adanya kontak kulit yang bisa mengalihkan perhatiannya. Terlebih lagi, kandungan gula pada ASI memiliki efek yang bisa menghilangkan rasa sakit. Menurut pakar, jika trik tersebut dilakukan dengan benar, bayi akan berhenti menangis dalam 45 detik setelah imunisasi. Sebelum adanya trik ini, Dr Harrington biasa memberikan cairan gula pada bayi, namun setelah trik ini ditemukan, ternyata bisa bekerja 2 kali lebih efektif dibanding cairan gula.