Semua Mama pasti ingin anaknya selalu sehat dan menghindari rutinitas ke dokter karena daya tahan tubuh anak menurun dan terserang berbagai penyakit. Berikut 5 rahasia anak jarang sakit.

1. Jaga Kebersihan Tangan
Kebiasaan mencuci tangan mengurangi kemungkinan tertular sakit pada pernafasan ataupun pencernaan secara drastis. Jadi ajak anak Anda untuk terbiasa mencuci tangan dengan benar (digosok hingga sela-sela jari) atau minimal menggunakan hand sanitizer sepulang sekolah, setelah bermain, setelah buang air dan sebelum makan.

Agar lebih efektif, sebaiknya tangan digosok sekitar 20 detik. Sambil bernyanyi 1-2-3 Sayang Semuanya, tentu lebih menyenangkan bagi anak-anak.

2. Bergerak Aktif Setiap Hari
Musim hujanpun bukan alasan untuk tidak berolahraga atau bergerak aktif setiap hari. Penelitian membuktikan anak yang berolahraga cukup (tidak perlu terlalu terforsir) dan rutin lebih kuat terhadap paparan flu dan pilek hingga 50%. Olahraga meningkatkan sirkulasi sel yang berfungsi memerangi infeksi.

3. Tidur Cukup
Menurut para ahli, kurang tidur meningkatkan kemungkinan sakit flu dan pilek. Ajari anak terbiasa untuk tidur awal. Pada umumnya bayi membutuhkan sekitar 14 jam tidur sehari, sementara balita dan anak-anak butuh 11-13 jam tidur sehari.

4. Hindari Menyentuh Muka
Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata dan mulut. Biasakan anak untuk tidak menyentuh bagian tersebut, apalagi jika ia belum mencuci tangan. Ajari anak untuk tidak berbagi sedotan, gelas ataupun sikat gigi.

5. Konsumsi Nutrisi Seimbang
Menu makanan berisi buah dan sayur beraneka warna dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Brokoli , stroberi dan jeruk mengandung banyak vitamin C. Coba juga tuna, susu dan sereal untuk dosis vitamin D. Yoghurt dengan probiotik juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. (