1. Makan Banyak Sayur & Buah
Makan lima hingga sajian sayur dan buah setiap hari tidak hanya penting bagi kesehatan tapi juga menurunkan berat badan berlebih sekaligus mempertahankannya agar tetap ideal. Buah dan sayur mentah adalah makanan rendah kalori yang kaya akan serat --memberi efek perut kenyang dan penuh. Makanlah sayur dan buah yang beragam dan berwarna-warni untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisi.

2. Masak Makanan Sendiri
Karena alasan sibuk, banyak orang lebih pilih membeli makanan siap saji atau makan di luar. Sesekali makan di restoran tidak masalah, tapi jangan jadikan sebagai kebiasaan. Makanan di restoran umumnya memiliki rasa yang lezat karena banyak menggunakan garam, butter, minyak dan lemak yang berlebihan. Sementara itu, memasak akan membantu Anda mengontrol bahan makanan yang digunakan tapi juga mengatur sendiri berapa besar porsi yang dimakan.

3. Makan Gandum Utuh
Gandum utuh memiliki serat yang mengenyangkan juga nutrisi esensial seperti vitamin B6. Vitamin ini membantu mengurangi gejala PMS yang salah satunya cenderung tidak bisa menahan godaan makanan manis dan gurih. Pilihlah makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti bubur gandum, pasta gandum, roti gandum dan nasi merah.

4. Tubuh Harus Aktif
Aktivitas fisik sangat penting dalam proses penurunan berat badan dan mempertahankannya agar tak naik lagi. Pergi ke gym sudah tepat, tapi jangan abaikan juga gerakan sehari-hari yang membantu membakar kalori. Seperti menaiki tangga, jalan-jalan bersama keluarga di taman dekat rumah, mengepel lantai, naik sepeda ke supermarket atau sekadar window shopping di mal.

5. Latihan Kontrol Porsi Makanan
Sesehat apapun makanan yang Anda konsumsi --sayur, kacang, buah atau kentang rebus-- jika porsinya terlalu banyak akan tetap menumpuk lemak dan kalori yang tak berguna bagi tubuh. Hasilnya? Anda tetap jadi gemuk. Kunci untuk dapatkan berat dabn bentuk tubuh ideal adalah 'in moderation'. Artinya makan dengan porsi cukup sesuai kebutuhan.

Salah satu makanan yang cenderung dikonsumsi lebih banyak dari porsi semestinya adalah pasta dan nasi. Banyak orang yang menuang ke atas piringnya secara berlebihan. Padahal hanya diperlukan satu cangkir pasta matang atau nasi setiap kali makan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Anda juga bisa makan cake tapi jangan setiap hari. Cukup satu potong kue 1-2 kali seminggu.