. Selalu ada untuknya
Biasakan anak bercerita dan bicara tentang pengalamannya setiap hari. Tanyakan, bagai mana perasaannya. Biarkan anak mengutarakan ide, perasaan, dan ketakutannya secara terbuka. Dengarkan, jangan menggurui. Ber usahalah agar Anda selalu ada di di sisinya ketika ia membutuhkan. Dorong anak untuk mengutarakan perasaannya secara kreatif dengan membuat tulisan atau lewat gambar.

2. Konsisten
Ciptakan rutinitas yang jelas dan konsisten. Ini akan membantu anak merasa aman dan terlindungi sehingga ia dapat belajar dengan jelas pula, apa yang benar dan yang salah. Jadi, bertindaklah selalu konsisten

3. Sekali TIDAK, tetap TIDAK
Jika Anda berkata “Tidak”, pastikan hal itu benar-benar pernyataan “Tidak” dan Anda serta pasangan bersepakat bahwa hal itu harus dipatuhi sesuai aturan.
Jangan memberi ancaman hukuman, berteriak. Anak ingin mengetahui apa arti “Tidak” dari Anda, yang benar-benar berarti TIDAK.

4. Tak ada rahasia

Biasakan anak untuk tidak pernah menyimpan rahasia. Katakan padanya, menyimpan rahasia akan menimbulkan perasaan tak nyaman atau membingungkan.