Ibu dengan anak memang memiliki ikatan batin yang sangat erat. Keeratan kontak batin antara ibu dengan anak bisa diperkuat dengan jenis-jenis permainan yang memungkinkan keduanya untuk saling berinteraksi.

Salah satu cara untuk mempererat hubungan ibu dan anak yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan bersama, seperti permainan anak. Biasanya anak kecil itu masih sensitif dan mudah sekali diajarkan hal-hal baru, entah itu yang sifatnya eksak maupun khayal. Melalui permainan anak, maka kita bisa memberikan pengajaran kepada anak secara tidak langsung.

Sebenarnya hampir semua permainan anak itu bisa mempererat hubungan ibu dengan anak apabila dilakukan secara bersama-sama. Bahwasannya sesuatu yang dilakukan bersama-sama itu bisa meningkatkan kebersamaan bagi pelakunya, entah itu pada anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa sekalipun.

Diantaranya jenis permainan yang bisa mempererat hubungan ibu dengan anak yaitu renang bersama, bermain playstation, bermain teka-teki gambar, serta monopoli. Bermain renang bersama mampu mempererat hubungan antara orang tua (ibu) dengan anak. Apalagi ketika masih berada dalam tahapan latihan, pada saat itu kedekatan antara ibu dengan anak sangatlah dibutuhkan. Pada saat latihan renang, anak kecil akan cenderung dekat sekali dengan sang ibu.

Pada saat itu anak merasa takut jika tenggelam di kolam, atau sering muncul pikiran-pikiran buruk dalam benak sang anak. Peran ibu disini yaitu memberi motivasi dan dukungan kepada anak untuk memperbaiki mental dan meningkatkan keberanian untuk selalu mencoba sampai anaknya bisa. Atau lebih bagus lagi bila ibu dan anak ini bermain bersama-sama, tentu bisa mempererat kontak batin antara ibu dan anak.

Banyak orang tua yang berpikiran bahwa bermain playstation merupakan kebiasaan yang buruk. Pernyataan tersebut bisa diantisipasi apabila orang tua mampu memberikan batasan kepada anaknya dalam bermain. Justru dalam permainan playstation ini seorang anak akan belajar untuk menjadi seorang profesional sesuai dengan yang diperankannya dalam game.

Anak yang memainkan game ini juga akan semakin dekat dengan lawan mainnya, mereka cenderung untuk saling bersama dan saling solidaritas. Bermain playstation antara ibu dan anak akan meningkatkan kebersamaan antara keduanya. Mereka cenderung berperilaku seperti hubungan dengan teman sendiri dan sangat akrab. Hal ini juga berakibat baik, karena sang anak akan lebih terbuka dengan ibunya.

Permainan teka-teki gambar selain mampu meningkatkan kecerdasan dan psikomotorik anak, juga bisa mempererat hubungan antara ibu dan anak. Dengan bermain teka-teki gambar, ibu dan anak dapat saling membantu untuk memecahkan persoalan yang harus diselesaikan dalam permainan setelah itu ajarkan juga pada anak untuk merapikan mainan anak yang dipakaianya tadi.

Sehingga kerja sama antara ibu dan anak sangat dibutuhkan. Permainan monopoli juga bisa mempererat hubungan ibu dengan anak. Bahwasannya, dalam permainan ini mampu memunculkan keceriaan dan pemanfaatan kesempatan sebaik-baiknya. Sehingga permainan ini sangat bagus jika digunakan untuk memberikan hiburan kepada sang anak.