Saat si kecil mulai masuk kelas pre-school sebagian ibu kerap khawatir dengan kesiapan anak memasuki dunia barunya tersebut. Takut si kecil tidak bisa menyesuaikan diri dengan temannya, tidak bisa mengurus dirinya, dan sebebaginya. Lalu, sebenarnya skil apa saja sih yang mesti dipersiapkan ibu untuk si kecil menjelang si kecil masuk pre-school?.

Kemampuan untuk duduk tenang
Salahsatu kegiatan yang akan banyak dilakukan si kecil di kelas pre-school yaitu duduk bersama untuk mendengarkan cerita atau bernyanyi bersama. Kegiatan duduk bersama ini bertujuan untuk membuat anak lebih tenang, sekaligus membantu melatih konsentrasinya.

Persiapan yang harus ibu lakukan agar sikecil betah duduk anteng bersama teman-temannya dikelas yaitu dengan melatihnya duduk bersama sambil membaca cerita atau bernyanyi dirumah. Anda juga bisa membiasakannya untuk duduk tenang terlebih dahulu saat ingin memberinya snack atau makan, sehingga ia akan belajar bahwa ia harus duduk dahulu sebelum ia boleh memakan makanannya.

Kemampuan Mandiri
Melatih anak mandiri juga merupakan salah satu skil yang harus dipersiapkan ibu saat sikecil mulai masuk pre-school. Mulailah dari hal-hal yang mudah, misalnya melatihnya mengikat tali sepatu sendiri, memakai dan melepas celananya sendiri saat ingin buang air kecil atau besar, serta menyiapkan peralatan sekolahnya sendiri.

Ibu dapat melatih kemandirian si kecil dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan bermain role play seolah anda dan sikecil sedang berbelanja baju di mall, dimana ia akan belajar membuka dan memakai baju sendiri.

Kemampuan Berbagi
Berbagi adalah salah satu hal yang paling sulit dipelajari si kecil. Tak heran jika seringkali si kecil berebut mainan dengan temannya. Untuk mengajarkan rasa berbagi pada anak anda, cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjadi contoh berbagi yang baik bagi si kecil. Pre-school sendiri merupakan tempat alamiah bagi sikecil untuk mulai belajar berbagi, jadi anda tidak perlu terlalu bersikeras dalam hal ini. Yang perlu anda lakukan hanya melatih si kecil untuk meminta terlebih dahulu mainan yang diinginkan dari temannya secara baik-baik, dan bukan dengan cara merebut.

Proses belajar bukanlah sesuatu yang dengan instan bisa dipelajari si kecil. Dibutuhkan proses panjang untuk melihat keberhasilannya. Jadi bersabarnya, jangan memaksanya untuk merubah sikap dalam waktu singkat. Be a wise mom!.

Kafebalita.com